XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Kamis, 15 April 2010

ALANGKAH LUCUNYA (NEGERI INI) : Berdikari Mendidik Pencopet Muda

Quotes:
Ini negara bebas, yang mau nyopet silakan nyopet.. Yang mau ngasong ya ngasong..

Storyline:
Lulusan S1 Manajemen, Muluk terus berkeliling mencari pekerjaan di seluruh pelosok ibukota walau sudah nyaris 2 tahun menganggur. Pertemuan secara tidak sengaja dengan pencopet cilik, Komet membawanya bertemu dengan Jarot, kepala perkumpulan pencopet-pencopet muda di sebuah markas rahasia berupa bangunan yang sudah ditinggalkan. Ide Muluk timbul untuk mengajak Jarot bekerjasama yaitu investasi 10% per harinya dari hasil mencopet anak-anak tersebut dimana uangnya akan dikelola untuk masa depan anak-anak itu sendiri. Sementara itu Muluk mengajak kedua sahabatnya, Syamsul dan Pipit untuk mengajar Glenn dkk. Berhasilkah Muluk mencapai tujuannya meskipun ayahnya Pak Haji Makbul mungkin menganggap hal tersebut tidak halal?

Nice-to-know:
Film yang diproduksi oleh Citra Sinema ini gala premiere dan press conferencenya dilakukan di Planet Hollywood beberapa waktu lalu.

Cast:
Baru saja tampil dalam Hari Untuk Amanda, Reza Rahadian bermain sebagai Muluk, sarjana yang kesulitan mencari pekerjaan hingga menjadi pendidik sekaligus investor bagi para pencopet muda.
Ayahnya Pak Haji Makbul yang idealis dan religius diperankan oleh Deddy Mizwar yang didukung pula oleh rekan-rekan seniornya Slamet Rahardjo dan Jaja Mihardja.
Kepala pencopet, Jarot ditokohkan oleh Tio Pakusadewo yang memakai softlens unik di mata sebelah kanannya untuk memberi kesan menyeramkan.

Director:
Film ini menandakan 12 tahun kerjasama antara sutradara Deddy Mizwar dengan penulis skenario Musfar Yasin.

Comment:
Temanya sebenarnya sudah ada di kepala Deddy sejak beberapa tahun lalu dan akhirnya selama lebih kurang satu setengah tahun belakangan digarap serius bersama Misfar. Hal tersebut tidaklah salah karena plot cerita terbilang kreatif dan sarkastis. Semua disajikan dengan cara yang mudah dicerna oleh penonton. Dialog-dialog tajamnya niscaya cukup menyindir kondisi terkini rakyat kelas bawah Indonesia yang digambarkan secara pas lengkap dengan sudut pandang anak-anak muda yang tidak beruntung dari segi status sosial tersebut. Glenn dkk yang 70% diambil langsung dari jalanan terlihat benar-benar menjiwai peranannya masing-masing mulai dari cara mencopet, bersikap, berbicara hingga berpikir. Reza yang semakin matang juga mampu "memimpin" casting. Tio, Deddy dkk seperti biasa tidak pernah mengecewakan. Awalnya sempat diberi judul Apa Kabar Bangsamu atau Copet sampai akhirnya menjadi Alangkah Lucunya (Negeri Ini) memang tontonan yang berbeda dan intinya memicu pertentangan akan penting atau tidaknya pendidikan dalam menjamin masa depan seseorang di jaman modern dan ibukota yang keras ini. Lantas apa yang sesungguhnya halal atau tidak halal dalam hidup kita? Semua tergantung sisi mana anda melihatnya.

Durasi:
105 menit

Overall:
8 out of 10

Movie-meter:
6-sampah!
6.5-jelek ah
7-rada parah
7.5-standar aja
8-lumayan nih
8.5-bagus kok
9-luar biasa

Tidak ada komentar: