XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 25 April 2010

SOLOMON KANE : Kembali Ke Jati Diri Demi Membalas Dendam

Quotes:
Malachi-Why do you care for her? You came here to save your soul.
Solomon Kane-She IS my soul.

Storyline:
Saat armada Queen Elizabeth I melawan Spanyol di Afrika, Solomon Kane bertemu Raja Iblis yang menakdirkannya sebagai penghuni neraka! Setelah lolos, Kane bersumpah menghindari kejahatan untuk menebus dosa masa lalunya. Di perjalanan, Kane bertemu suami istri Puritan, William-Katherine Crowthorn dengan dua anaknya, Meredith dan Samuel yang sangat baik padanya. Sayangnya pendeta yang berubah menjadi penyihir Malachi menculik Meredith dan membantai keluarganya. Kini pilihan ada di tangan Kane apakah mau mengangkat senjata dan kembali pada gayanya di masa lalu sebagai pembantai sejati demi menyelamatkan Meredith yang akan dikorbankan demi kebangkitan monster neraka?

Nice-to-know:
Konon Solomon Kane merupakan karakter fiktif pada abad ke-17 yang diciptakan oleh penulis era munculnya kertas, Robert E. Howard.

Cast:
Aktor kelahiran Inggris, James Purefoy selama ini lebih banyak tampil di serial televisi termasuk Rome (2005-2007). Disini ia memerankan Solomon Kane, petarung sejati yang memiliki masa lalu kelam.
Gadis yang harus diselamatkannya, Meredith dimainkan oleh Rachel Hurd-Wood.
Karakter antagonis penyihir Malachi dan Marcus dijiwai oleh Jason Flemyng dan Samuel Roukin.

Director:
Michael J. Bassett sebelum ini mengarahkan Wilderness (2006). Solomon Kane ini adalah film ketiganya sejah ini.

Comment:
Mungkin sebagian orang pernah mengenal video game Dark Watch ataupun Legacy of Kane, tetapi film ini justru didasarkan pada novel grafis atau komik. Temanya merupakan gabungan penyihir dan ahli pedang di abad kegelapan. Atmosfernya bahkan mengingatkan pada 300. Namun jika menilik jalan cerita keseluruhan, pria kekerasan yang berusaha menolak kekerasan, bertemu keluarga yang bersahat yang akhirnya terbunuh lantas kembali ke cara kekerasan untuk membalaskan dendam. Aneh bukan? Beberapa adegan sadis bahkan terkesan over karena ditampilkan berulang-ulang dengan scene yang kurang lebih sama. Akting para pemainnya juga terkesan standar kalau tidak mau disebut below par. Purefoy kadang terlihat tua, kadang terasa dimudakan. Hurd-Wood juga terkesan terlalu belia sebagai Meredith. Ketidak konsistenan juga tercermin dari karakter antagonisnya Malachi dan Markus yang on-off sepanjang film. Nyaris tidak ada dialog berisi antar tokoh-tokohnya apalagi pendalaman masa lalu yang jelas sebagai pendukung cerita. Adegan penyaliban juga dirasa tidak relevan dalam film yang juga terlalu berusaha membawa-bawa unsur relijius ini. Anda yang rindu film bertemakan penyihir di abad pertengahan dengan jalinan cerita yang misterius diakhiri pertarungan seru di ending sebaiknya berpikir lagi jika ingin menemukan hal-hal tersebut dalam Solomon Kane.

Durasi:
95 menit

Europe Box Office:
£1,134,564 in UK til Mar 2010.

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: