XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 18 April 2010

THE BOOK OF ELI : Perjalanan Membawa Alkitab Terakhir

Quotes:
Eli-God is good you know.. All the time!

Storyline:
30 tahun berjalan melintas Amerika setelah perang peradaban yang nyaris musnah, Eli bertujuan mengantar buku yang dibawanya ke suatu tempat di daerah Barat yang diyakini tepat. Sepanjang perjalanan, komunitas manusia yang tersisa harus siap membunuh atau dibunuh demi memperebutkan tempat tinggal ataupun makanan. Salah satu penguasa jalanan adalah Carnegie dengan segerombolan anak buahnya yang beringas yang ditugaskan mencari sebuah buku yang ternyata hanya dimiliki Eli. Diam-diam, Solara yang bersama ibunya Claudia menjadi tawanan tetap Carnegie mengikuti Eli untuk tahu lebih jauh misinya. Akankah Eli mencapai tujuan di luar segala rintangan yang dihadapinya?

Nice-to-know:
Dalam bahasa Arabic, Hebrew dan Aramaic, kata Eli merupakan varian nama lain dari Tuhan. Sufiks "i" mengindikan kepemilikan kata ganti orang pertama seperti "my El" atau "my God".

Cast:
Pertama kali memenangkan Oscar 1990 kategori Aktor Pendukung Terbaik lewat Glory (1989), Denzel Washington disini kebagian peran Eli yang tangguh dan dingin dalam mengemban misinya.
Karakter antagonis Carnegie yang culas dihidupkan oleh Gary Oldman yang terakhir mengisi suara dalam animasi Planet 51 (2009).
Memulai debut akting dalam Make a Wish, Molly (1995), Mila Kunis yang asli Ukraina ini bermain sebagai Solara yang nekad menentukan jalan hidupnya sendiri dengan mengikuti Eli walau harus lepas dari ibunya yang sering disiksa.

Director:
Kolaborasi The Hughes Brothers yaitu si kembar Allen dan Albert sebelum ini adalah From Hell (2001) yang dibintangi Johnny Depp dan Heather Graham.

Comment:
Lagi-lagi sebuah film yang bercerita tentang masa paska kiamat di masa mendatang. Lantas apa yang membuatnya berbeda? Kopi Alkitab terakhir lah jawabannya. Sesuatu yang diyakini dapat membentuk dunia yang baru sekaligus mengubah pandangan orang-orang di dalamnya. Relijius bukan? Dan semua itu dikemas The Hughes Brothers dengan elemen-elemen yang mudah dimengerti apalagi dibantu kamera yang membesut lanskap yang mendukung narasi cerita secara keseluruhan. Jika bicara dari segi cast, Washington disini mendapat peran yang berbeda dan ia berhasil menerjemahkannya dengan baik termasuk melakukan sendiri laga tangan kosong setelah dilatih oleh mantan murid Bruce Lee, Don Inosanto. Kunis termasuk beruntung mendapatkan peran disini setelah Kristen Stewart mengundurkan diri akibat jadwal syuting New Moon dan ia memperlihatkan pesona keseksian sekaligus ketangguhan seorang wanita muda. Oldman kembali ke jaman dahulu dimana ia berhasil menampilkan karakter antagonis yang psikopat. Pada akhirnya Book Of Eli bukanlah film besar dengan sekuens aksi yang sadis dan isu yang cukup provokatif, tetapi tetap sebuah action thriller yang menyenangkan untuk ditonton. Tetaplah membuka mata anda lebar-lebar dan nikmati endingnya yang pastinya membuat kita ingin menyaksikan kembali dari awal.

Durasi:
110 menit

U.S. Box Office:
$94,482,974 till early Apr 2010.

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

2 komentar:

Satrio Nindyo Istiko mengatakan...

Halo...saya tiko,kreator blog Labirin Film...salam kenal
htp://labirinfilm.blogspot.com

moviefreak mengatakan...

salam kenal juga Satrio. terima kasih udah mampir :)