XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 17 April 2010

THE GHOST WRITER : Menerjemahkan "Fakta" Hidup Perdana Menteri

Quotes:
The Ghost-How can I get back to the mainland?
Barry-Only by plane I'm afraid.
The Ghost-I lent my jet to my butler.
Barry-Haha, oh you Brits!

Storyline:
Penulis Inggris, Gordon yang kemudian dijuluki The Ghost disewa untuk menulis autobiografi mantan Perdana Menteri Inggris, Adam Lang setelah penulis sebelumnya McAra ditemukan tenggelam bunuh diri. Segera saja The Ghost ditempatkan di rumah peristirahatan Adam yang sangat megah dan terpencil di East Coast Amerika bersama istrinya, Ruth Lang dan beberapa orang kepercayaannya. Tugas yang semula kelihatan sederhana itu mulai rumit saat The Ghost secara tidak sengaja menemukan kenyataan-kenyataan yang berbeda dengan semua ucapan Adam. Apakah ada konspirasi rahasia antara Adam Lang dengan orang-orang terdekatnya di masa lampau?

Nice-to-know:
Saat Polanski menjadi tahanan penjara Swiss pada September 2009, proses paska produksi film ini tetap berjalan. Semua keputusan artistik pada hasil akhir tetap dipegangnya. Bahkan final editingnya dilakukan di penjara. Saat dibebaskan menjadi tahanan rumah tiga bulan kemudian, Polanski memutuskan untuk merilis film ini.

Cast:
Nyaris memenangkan gelar Aktor Terbaik Golden Globe lewat Moulin Rouge! (2002), Ewan McGregor kali ini berperan sebagai The Ghost yang cerdas dan intuitif.
Tokoh Perdana Menteri Inggris yang berkharisma, Adam Lang dihidupkan oleh Pierce Brosnan yang terakhir muncul sekilas dalam Percy Jackson And The Lightning Thief.
Besar dari serial televisi sukses Sex & The City dengan peran Samantha, Kim Cattrall disini bermain sebagai Amelia Bly, asisten pribadi Adam Lang yang misterius.
Karakter Ruth Lang, istri Adam dipegang oleh Olivia Williams.

Director:
Pria Perancis berusia 76 tahun bernama Roman Polanski ini pernah memenangkan gelar Sutradara Terbaik Academy Awards 2003 lewat The Pianist (2002).

Comment:
Drama thriller ini akan mengingatkan kita pada film-film sejenis terbaik tahun 1970an seperti The Conversation ataupun semangat karya-karya Alfred Hitchcock semisal Frenzy. Tidak heran karena Polanski merupakan penggemar berat Hitchcock dan berhasil mengadaptasi gayanya ke dalam film ini. Kinerjanya pada akhirnya dianugerahi Sutradara Terbaik pada ajang Berlin Film Festival. Sinematografinya sangat kuno klasik selayaknya hasil fotografi yang indah berlatar belakang cuaca yang berawan. Belum lagi ditunjang score Bernard Herman yang intens membangun mood misterius setiap sekuensnya. Penjiwaan McGregor dan Brosnan membuat mereka dapat masuk ke karakter masing-masing. Williams dan Cattrall di luar dugaan saya tampil gemilang juga. Kekuatan ceritanya ditunjang oleh "perjalanan" The Ghost menuju suatu kesimpulan dimana banyak sekali petunjuk demi petunjuk yang menuntun penonton untuk terus menerka. Endingnya sendiri mungkin cukup mengecewakan audiens tapi rasanya itulah cara terbaik untuk mengakhirinya sekaligus membuka suatu awal kembali, seperti opini kebanyakan orang setelah meninggalkan bioskop. The Ghost Writer tidak menyajikan action atau kekerasan yang menyenangkan penonton, tetapi thriller klasik yang membutuhkan kesabaran dalam mengikuti setiap alur ceritanya dengan gaya tersendiri.

Durasi:
120 menit

U.S. Box Office:
$12,293,735 till early Apr 2010.

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

4 komentar:

Arief mengatakan...

saya suka blog ini. namun saya sedikit kesulitan ketika ingin membaca resensi mengenai film yang udah lama rilis.. (kebingungan mencarinya masuk arsip bulan mana)
mungkin akan lebih mudah bagi para pengunjung bila di blog ini disediakan "kotak penelusuran".
jadi gampang mencari film berdasarkan judulnya

moviefreak mengatakan...

Arief, kotak penelusuran ada di pojok kiri atas jika anda membukanya di browser PC. Memang terkadang tidak efektif karena hasil query yang diinput tidak selalu sesuai dengan yang diinginkan. Tetapi boleh dicoba memasukkan beberapa keyword seperti judul film, nama aktor/aktris, sutradaranya.
Terima kasih atas inputnya :)

adithiarangga mengatakan...

baru nonton hari ini, menarik banget filmnya...yup agak kaget dengan tumpukan twist diakhir, tapi gw suka dengan endingnya... :)

moviefreak mengatakan...

Adit, endingnya benar-benar dibuka lagi ke awal. Very classy. Thumbs up for Pollack!