XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 24 April 2010

TOY STORY 1-2 : Teknologi 3D Simpel Dengan Penceritaan Yang Kaya

Quotes:
Buzz-To infinity, and beyond!
Woody-Pull my string! The birthday party's today?

Storyline:
Pertama-Seorang anak laki-laki bernama Andy senang sekali bermain dengan mainan lamanya, si koboi Woody dan barunya dan si astronot Buzz. Tanpa diduga selagi ditinggal pemiliknya, mainan-mainan tersebut hidup dan saling berbicara satu sama lain. Bisa ditebak saat Woody cemburu pada kehadiran Buzz. Mereka bertengkar dan terlempar dari mobil keluarga Andy. Bagaimana pada akhirnya Woody dan Buzz dapat bekerjasama untuk kembali sekaligus menghindari si penghancur boneka, Sid Phillips.
Kedua-Lengan Woody yang rusak membuatnya nyaris terdampar di acara cuci gudang keluarga Andy. Disitulah ia dicuri oleh Al McWiggin, pengoleksi dan pemilik toko mainan "Al's Toy Barn" yang membawanya bertemu si koboi wanita Jessie, kuda cerdas Bullseye dan si penambang tua Stinky Pete. Al bertekad memamerkan mereka semua di pameran mainan megah di Jepang. Kinilah tugas Buzz Lightyear dkk untuk membawa Woody yang tengah dilema kembali ke tangan Andy.

Nice-to-know:
Animasi yang rencananya diberi judul You Are A ToyFirst ini merupakan film pertama yang durasi penuhnya dikerjakan komputer dimana masing-masing frame membutuhkan 4-13 jam pengerjaannya tergantung tingkat kesulitannya!

Voice:
Tom Hanks sebagai Woody
Tim Allen sebagai Buzz Lightyear
Joan Cusack sebagai Jessie the Yodeling Cowgirl
Kelsey Grammer sebagai Stinky Pete the Prospector
Don Rickles sebagai Mr. Potato Head
Jim Varney sebagai Slinky Dog
Wallace Shawn sebagai Rex the Green Dinosaur
John Ratzenberger sebagai Hamm the Piggy Bank
Annie Potts sebagai Bo Peep
Wayne Knight sebagai Al the Toy Collector
John Morris sebagai Andy

Director:
Pria bertanggal lahir 12 Januari 1957 bernama John Lasseter ini pernah meraih Oscar 1989 kategori Best Short Film, Animated bersama William Reeves dalam Tin Toy (1988).

Comment:
Dwilogi Toy Story merupakan pionernya animasi hidup alias 3 dimensi. Dan hebatnya pada saat itu bias dikatakan berjudi karena melawan tren yang ada dengan bujet yang luar biasa besar. Hasilnya? Mendapat sambutan hangat dari publik dimanapun ditayangkan dan sukses kualitas sekaligus komersil hingga dianggap salah satu karya animasi terbaik yang pernah ada hingga saat ini. Tahun 2010 ini sebelum diedarkan jilid ketiganya, Toy Story (1995) dan Toy Story 2 (1999) digabung menjadi satu film dan disempurnakan dengan kacamata 3D yang sudah menjadi inovasi terbaru dunia perfilman masa kini. Saya tidak akan berkomentar bagaimana bagusnya dwilogi Toy Story disini dengan segala unsur-unsur pendukungnya karena kita semua sudah mengetahuinya. Yang saya cermati adalah konsep 3D yang diusung harus diakui tidak sebagus animasi era 2000an. Hanya beberapa elemen yang ditampilkan menarik, itupun masih menggunakan teknik lama yaitu background object yang berwarna gelap dsb. Jika anda memiliki waktu luang, bolehlah bernostalgia menyaksikan kembali double event ini dan membandingkannya dengan karya-karya 3D tergres. Dan tidak ada salahnya mengajak anak anda atau keponakan anda untuk menonton bersama. Jangan lupa untuk membeli snack ringan ataupun mencukupi perut sebelum memasuki gedung bioskop. Sedikit trivia di antara jeda seri 1 dan 2 nya boleh dibilang cukup menarik!

Durasi:
180 menit

U.S. Box Office:
Toy Story-$221,900,000 till October 2009.
Toy Story 2-$245,823,397 till July 2009.

Overall:
8 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: