XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 21 April 2010

Le code a changé : Perjamuan Makan Malam Saatnya Berpura-pura

Storyline:
Sepuluh orang bertemu pada tanggal 21 Juni untuk makan malam bersama. Kali ini giliran Lucas dan Sarah kebagian menyelenggarakan di rumah mereka dan mengundang yang lainnya. Beragam visi dan persepsi masing-masing orang terlibat di dalamnya. Sebagian besar berdandan, tertawa, berpose, berbangga, berbagi kenangan dan berencana untuk masa depan. Sebagian kecil cemas dan merasa enggan untuk berterus terang. Saat menuju perjalanan pulang, yang tersisa hanyalah perasaan terpendam dan hal tersebut akan berulang-ulang setiap tahunnya.

Nice-to-know:
Visa Perancis #118494 dikeluarkan pada tanggal 23 Januari 2009.

Cast:
Karin Viard sebagai Marie-Laurence 'ML' Claverne
Dany Boon sebagai Piotr
Marina Foïs sebagai Mélanie Carcassonne
Patrick Bruel sebagai Le docteur Alain Carcassonne
Emmanuelle Seigner sebagai Sarah Mattei
Christopher Thompson sebagai Lucas Mattei

Director:
Danièle Thompson pernah dinominasikan Oscar 1977 untuk kategori Best Writing, Screenplay Written Directly for the Screen bersama Jean Charles Tacchella lewat film Cousin Cousine (1975).

Comment:
Seperti film Perancis pada umumnya, orang-orang banyak berbicara. Itulah salah satu budaya dasarnya dan seringkali mereka melakukan itu secara terbuka di kehidupan nyata sekalipun seperti digambarkan film ini. Itulah yang menarik disini saat 10 orang dengan karakter berbeda-beda saling berbagi kisah hidup mereka satu sama lain nyaris sepanjang durasi film. Kekurangannya tentu saja, penonton akan sulit untuk menelaah lebih jauh karakterisasi masing-masing tokoh, bahkan mengingat nama-namanya saja sudah sukar. Mungkin kita berharap bisa mendapat informasi latarbelakang yang lebih banyak lagi untuk bisa menggali dari berbagai sudut pandang. Tetapi setting dua kali sore tidak banyak menyisakan apa-apa jika anda tidak menginginkan durasinya menjadi tiga jam atau lebih. Endingnya terasa terbuka sehingga persepsi audiens akan dibentuk dengan sendirinya. Penjiwaan aktor-aktrisnya terasa natural selayaknya orang Eropa pada umumnya dengan dialog-dialog yang lucu dan menggigit dengan perpindahan mood yang turun naik. Tetap saja seperti kebanyakan penonton lain, saya merasa ada sesuatu yang kurang dalam film ini yang sulit dijelaskan.

Durasi:
95 menit

Europe Box Office:
1,600,952 till Apr 2009.

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: