XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 06 Maret 2009

CURIOUS CASE OF BENJAMIN BUTTON : Perjalanan Hidup Pria Dengan Siklus Hidup Tak Lazim

Quotes:
Benjamin Button-It's a funny thing about comin' home. Looks the same, smells the same, feels the same. You'll realize what's changed is you.
----------
Daisy-Would you still love me if I were old and saggy? Benjamin Button-Would you still love ME if I were young and had acne? When I'm afraid of what's under the bed? Or if I end up wetting the bed?

Cerita:
Saat Badai Katrina menghantam New Orleans, ibu tua Daisy Williams dan putrinya yang sudah dewasa, Caroline bersama-sama membaca buku harian teman lama Daisy, Benjamin Button yang memiliki siklus hidup yang sangat menarik dimana lahir sebagai fisik orang tua dan beranjak muda seiring pertambahan usianya. Semua perjalanan hidup Benjamin tertuang di dalam diary tersebut, mulai dari dibuang oleh ayah kandungnya Thomas Button, pemilik pabrik kancing sampai diadopsi oleh wanita kulit hitam baik hati, Queenie yang juga petugas panti jompo. Berangkat dewasa, Benjamin bertemu kapten kapal Mike dan bekerja dengannya selama bertahun-tahun. Tak pelak pertemuan dininya dengan Daisy di usia muda menimbulkan getar asmara yang sulit disangkalnya. Bagaimana perjuangan seorang Benjamin dengan hidup yang tak biasa itu menyesuaikan diri dengan cinta dan mimpinya?

Gambar:
Sinematografi yang mengagumkan dari awal sampai akhir karena potret kehidupan seorang Benjamin Button mampu dijangkau dengan sempurna.

Act:
Brad Pitt sebagai Benjamin Button walau tidak tampil full sepanjang film berhasil menguatkan image nya sebagai aktor papan atas Hollywood yang rajin bervariasi dalam mengambil peran. Terima kasih untuk tim make up dan efek visual yang mencitrakan dirinya dalam berbagai rentang usia.
Aktris kaliber Oscar Cate Blanchett kebagian peran Daisy Williams yang cantik, cerdas dan menyenangkan didukung dengan kemampuan menarinya yang tinggi.
Didukung pula oleh Julia Ormond sebagai Caroline, Jason Flemyng sebagai Thomas Button Faune, Taraji P. Henson sebagai Queenie dan beberapa aktor-aktris yang semuanya tampil maksimal di film ini.

Sutradara:
Bekerjasama untuk ketiga kalinya setelah Se7en dan Fight Club bersama Brad Pitt, David Fincher boleh dibilang sutradara berbakat yang seringkali di bawah radar. Hal ini dikarenakan karyanya yang tentatif dan cenderung tidak komersil serta kesibukannya menggarap video klip artis-artis terkenal. Kinerja Fincher dalam Curious Case Of Benjamin Button ini boleh dibilang karya terbaiknya sejauh ini karena berhasil memaksimalkan plot dan eksplorasi cerita dalam durasi yang cukup panjang.

Komentar:
Mengambil rentang waktu yang panjang, bisa dibilang sepanjang hidup seorang Benjamin Button menonton film ini niscaya akan membangkitkan semua panca indera anda, mulai dari tertawa lepas, sedih terharu, tersenyum simpul sampai mungkin mengernyitkan dahi. Boleh dikatakan film yang lengkap dan nyaris sempurna, tidak heran jika banyak meraih nominasi penghargaan bergengsi dunia. Semua aspek film ini dari sinematografi, spesial efek, original score, akting, gaya bercerita, penyutradaraan dll mampu berkolaborasi dengan sangat baik dalam film yang konon diangkat dari cerita fiksi pendek. Salah satu film yang akan bertahan kualitasnya sepanjang masa!

Durasi:
160 menit

U.S. Box-Office:
$125,388,340 till March 2009

Overall:
8.5 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

1 komentar:

Hafizophonic mengatakan...

I love this movie.

A movie that I want to have its collection. I like both stars, they are the real star. And the story...touchy. Cant imagine if there is a one who live like that.

-Fiz