XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 23 Desember 2011

DON 2 : Perampokan Raja Kriminal Berlanjut Eropa

Quotes:
Don ko pakadna mushqil hee nahih, namumkin hai.


Storyline:
Setelah menaklukkan Asia, raja criminal Don mulai melirik Eropa untuk merencanakan pencurian plat uang bersama mantan musuhnya Vardhaan dan hacker muda Sameer. Diam-diam love interest Don yaitu Roma yang bekerja untuk Interpol mengendus rencana busuknya. Petualangan Don dari Kuala Lumpur hingga Berlin pun semakin menarik dimana dirinya harus selalu bergerak dengan lincah menghindari pihak-pihak yang mengejarnya, hidup ataupun mati.

Nice-to-know:
Proses syuting berlangsung dari tanggal 9 Oktober sampai dengan 28 November 2011 sebelum dirilis di India dan Indonesia bersamaan pada tanggal 23 Desember 2011.

Cast:
Shah Rukh Khan sebagai Don
Priyanka Chopra sebagai Roma
Om Puri sebagai CBI Officer Vishal Malik
Boman Irani sebagai Vardhaan
Wolfgang Stegemann sebagai Karl
Kunal Kapoor sebagai Sameer

Director:
Merupakan film kelima bagi Farhan Akhtar yang memulai debut penyutradaraannya lewat Dil Chahta Hai (2001).

Comment:
Sebuah sekuel tidak pernah mudah untuk mengikuti sukses pendahulunya. Terus terang untuk kasus kali ini saya tidak berani menyatakan apa-apa karena belum (dan mungkin tidak akan) menonton Don (2006) yang kebetulan dibintangi dan sutradarai pula oleh orang yang sama yaitu Shah Rukh Khan dan Farhan Akhtar. Apakah 5 tahun dianggap cukup untuk membangun konsep lanjutan yang matang? Atau justru promosi besar-besaran yang dipandang mampu menjaring animo penonton?
Farhan yang mengerjakan skripnya dibantu oleh saudaranya Javed Akhtar dan Salim Khan yang membangun karakterisasinya. Paruh pertama film dapat dikatakan sangat lambat karena sibuk mengekspos tokoh Don secara absurd sebagai manusia super yang tidak dapat ditangkap dan selalu menang dalam pertarungan melawan siapapun juga. Paruh kedua setidaknya lebih mampu bercerita ketika Don menyerahkan dirinya kepada polisi.

Sama seperti sebelumnya, Shah Rukh Khan jelas seorang salesman yang baik dalam mempresentasikan film-filmnya. Nyaris keseluruhan adegan pasti menampilkan sosoknya secara detil mulai dari sorot mata, lirikan tajam, gerak bibir, senyum menggoda dsb yang sudah cukup membungkam orang yang mempertanyakan pesonanya. Karakter Don tidak banyak berbeda dari yang sudah-sudah, perubahan gaya rambut dengan kumis/cambang di awal yang sedikit ekstrim di awal pun pada akhirnya kembali klimis di pertengahan film. Oh well!
Di luar SRK, aktor aktrisnya berhasil menjual pesona masing-masing. Lara dan Priyanka cantik seperti biasanya. Kunal, Hrithik dan Om Puri juga terlihat meyakinkan dalam peran yang unik. Boman yang mendapat porsi besar justru kurang mampu mengeksplorasi karakter Vardhaan. Justru beberapa aktor Jerman dan Eropa yang terlibat disini lumayan memenuhi standar walaupun amat terbantu dengan fisik yang prima untuk film bergenre action semacam ini.

Farhan memanfaatkan berbagai lokasi yang mencengangkan yaitu French Riviera, hutan Thailand, Kuala Lumpur, Zurich hingga ke Berlin. Sinematografi suguhan Jason West cukup mengesankan baik untuk syut indoor maupun outdoor. Malangnya di luar itu Farhan yang diakui sineas cerdas ini masih menjadi faktor utama kurang gregetnya sekuel karena ketidakmampuannya menyajikan penceritaan yang menarik bagi penonton. Keklisean semakin menjadi-jadi dengan hadirnya kasus perampokan serta penyanderaan yang juga kurang intens dan tidak beralasan tersebut.
Sebagai action thriller, Don 2 memang terlihat sangat menjual apalagi dengan penggunaan formula yang membuat film ini layak disebut Mission Impossible versi Hindi. Namun sayangnya tidak berhasil memancing chemistry yang kuat dengan penonton untuk bisa antusias menantikan menit demi menit sambil menunggu kejutan berarti. Itu tidak terjadi! Durasinya yang panjang membuat saya bernafas dengan berat menyaksikan frame demi frame kosong sambil berkali-kali melirik jam tangan.

Durasi:
142 menit

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

5 komentar:

Anonim mengatakan...

kapan nontonnya, dimana?

layak ditonton ga kira'' ... Klo durasinya kepanjangan gtu jangan'' membosankan,, tapi liat thriler sih lumayan... Hehehe

moviefreak mengatakan...

Hanya tayang di XXI karena copy yang terbatas.
Review saya sudah cukup menjelaskan apakah layak tonton atau tidak :)

Anonim mengatakan...

hmm..ada beberapa catatan. Don yg pertama (2006) adalah remake dari Don nya Amitabachan tahun 1976 yg mana merupakan karya dari Ayahnya Farhan Akhtar yaitu Javed Akhtar, dan sinema legendaris kenamaan, Salim Khan. Jadi karakter Don ini memang sejak awal sudah di buat sebagai sosok penjahat yg sulit ditaklukan. bagi yg suka dan sudah nonton Don 1 pertama, pasti sudah memaklumi karakter Don yg dimainkan perfect oleh SRK. Dan salah satu kekuatan film ini karakter DON yg "super power". Gaya penceritaan yg sangat lambat dengan durasi yg panjang memang khas nya Farhan akhtar. Hampir semua filmnya seperti itu, Dari Dil Chah Ta hai sampai Don 1. Kalau yg terbiasa memang tidak mudah untuk menikmati. mungkin karena penulis review ini kurang mengenal gaya2 film india atau filmnya fakhtar sendiri? :D anyway thanks buat review, from Don fans! :)

moviefreak mengatakan...

Terima kasih atas masukan dan tambahannya :)
Ya, saya akui ini adalah film Akhtar pertama yang saya tonton. Terus terang saya baru mulai mengikuti film India tahun ini yang belakangan semakin rajin diimpor oleh Blitzmegaplex.

Anonim mengatakan...

Saya Akui Don 2 minus di segi cerita daripada Don 1. tapi setidaknya Don 2 satu2nya film Action Bollywood yg elegan dan tidak lebay spt film action hindi kebanyakan. ditambah lagi akting SRK yg menawan bs jd pertimbangan. Saya juga aneh, pas nonton di bioskop cukup kecewa dg ne film tapi pas nonton DVDnya malah suka bgt. loh??