XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Kamis, 11 November 2010

Best Horror Movies in Last 5 Years

Setelah saya melihat ke belakang perfilman nasional selama periode 2006-2010 rasanya cukup sulit menemukan banyak film horor/thriller berkualitas. Namun saya tetap harus membuat daftar tersebut. Mengapa? Sebab saya sangat sangat mencintai genre ini lebih dari apapun juga. Kita mulai saja ya:

Pintu Terlarang (2009)
”Harus diakui Joko Anwar cukup gila disini karena berhasil menjungkir balikkan fakta yang tersusun dalam benak penonton yang terbentuk setelah menyaksikan film ini sejak menit awal. Akting ciamik juga disodorkan Fachri Albar yang memiliki kompleksitas tersendiri dalam pikirannya. Tak lupa adegan berdarah juga disisipkan membuat film ini tak ada lawannya dalam 5 tahun terakhir!”
Spooky-meter : 4 out of 5

Pocong 2 (2006)
”Meskipun tidak dapat dikatakan orisinil 100%, film ini berhasil menggedor batin para penontonnya dengan kemunculan pocong yang tak diduga-duga di sebuah apartemen yang didukung dengan musik yang tepat. Anda bisa rasakan ketakutan Risty Tagor disitu yang berpadu dengan kebingungan Revalina S Temat yang berujung pada suatu konklusi mengejutkan. Sebuah persembahan terbaik Rudi Soedjarwo untuk genre ini yang sayang prekuelnya tidak pernah tayang karena tidak lulus sensor!”
Spooky-meter : 4 out of 5

Rumah Dara (2009)
The Mo Brothers sukses menciptakan genre slasher pertama di Indonesia dengan jajaran bintang yang ciamik termasuk Julie Estelle yang berdiri sebagai protagonis. Penjiwaan Shareefa Daanish sebagai ibu psikopat yang tidak mati-mati membuatnya kesohor sebagai sosok Dara hingga saat ini. Scene demi scene sadis yang bersimbah darah lewat pencahayaan indoor yang remang-remang dijamin membuat anda terkesiap dan geregetan menyusuri endingnya!”
Spooky-meter : 4 out of 5

Kuntilanak (2006)
”Meski logika ceritanya diragukan, film garapan Rizal Mantovani ini tetap sukses besar mengusung sosok kuntilanak berwujud wanita berkepala kuda yang muncul akibat pesugihan. Terbukti sebagai film lokal pertama yang diputar di bioskop kategori The Premiere di Senayan City pada waktu itu. Lagi-lagi Julie Estelle yang kali ini nekad menelusuri lorong gelap dan kamar tertutup asramanya yang angker itu untuk mencaritahu penyebab kematian misterius teman-temannya.”
Spooky-meter : 3.5 out of 5

Pencarian Terakhir (2008)
Affandi Abdul Rachman menampilkan drama horor yang dibalut dengan kisah para pendaki gunung. Penggarapannya yang serius dengan penuturan yang teratur membuat film ini enak diikuti. Memasuki pertengahan, tensinya mulai meningkat terlebih setelah mengetengahkan konsep ‘dunia lain’ dengan sangat wajar tetapi mampu mendirikan bulu kuduk itu. Ingat sosok kakek-kakek di pondok terpencil? Lukman Sardi bersinar dalam memandu aktor-aktris lainnya disini.”
Spooky-meter : 3.5 out of 5

Takut (2008)
”Lahir dari iNAFFF 2008, film ini digawangi oleh beberapa contributor filmmaker genre horor/thriller luar negeri. Namun pada akhirnya tetap dikerjakan oleh sutradara-sutradara tanah air seperti Riri Riza, The Mo Brothers dkk yang menggarap 6 cerita pendek dengan nuansa yang berbeda-beda mulai dari unsur tradisional, modern, futuristik membuat film yang juga berjudul Faces of Fear ini kaya cita dan rasa. Apalagi dijejali dengan bintang-bintang film tanah air semisal Marcella Zalianty, Shanty, Dinna Olivia dsb.”
Spooky-meter : 3.5 out of 5

Hantu (2007)
Adrianto Sinaga menggarap kisah para pecinta alam yang mencari sebuah telaga Setra Wingit. Tanpa diduga salah satu dari mereka menghilang dan korbanpun mulai berjatuhan akibat penunggu yang merasa terganggu. Sosok hantu yang tidak diforsir kehadirannya itu justru berhasil menghadirkan suasana mencekam. Tak lupa ada pesan moral yang disisipkan bahwa sikap yang egois dan mau menang sendiri dapat membahayakan dirinya sendiri, sahabat bahkan orang yang dicintainya. Oka Antara juga bersanding “manis” dengan Dhea Ananda disini.”
Spooky-meter : 3 out of 5

Lantai 13 (2007)
”Salah satu dari dua horor karya Helfi Kardit yang cukup berkualitas. Meski plotnya mirip dengan film Hongkong yang juga bersetting di gedung perkantoran tetapi sah-sah saja jika dapat digarap secara maksimal. Oleh karena itu diamini sebagai horor dewasa dimana para penontonnya kebanyakan karyawan yang bekerja di bangunan bertingkat tinggi dan mungkin pernah mengalami cerita-cerita aneh tersebut sendiri. Widi AB Three tergolong memikat kali ini menyuguhkan sosok karyawan baru yang lugu sekaligus idealis.”
Spooky-meter : 3 out of 5

Lawang Sewu (2007)
”Garapan Arie Azis ini sebetulnya tidak terlalu istimewa. Namun settingnya lah yang membuatnya spesial. Bangunan buatan arsitek Belanda di tahun 1908 bernama Lawang Sewu ini berdiri kokoh dan angker tepat di kawasan Tugu Muda, pusat Kota Semarang. Penonton mungkin lebih takut pada settingnya dibandingkan jalan cerita yang disodorkan di dalamnya sebab telah banyak mitos yang berhembus di sekitarnya. Namun rasanya melihat dua remaja eye catching yang berpasangan yaitu Marcell Darwin dan Thalita Latief juga rasanya cukup menarik ”
Spooky-meter : 2.5 out of 5

Sumpah Pocong Di Sekolah (2008)
”Trailernya sempat heboh mengisi jaringan bioskop 21 setiap sebelum pertunjukan dimulai. Boleh dikatakan eksperimen horor pertama Awi Suryadi dengan pendekatan siswa-siswi SMU. Walaupun banyak yang tidak menyukainya, saya tetap menganggap film ini menarik. Setiap sudut bangunan sekolah disyut dengan angle yang tepat sehingga menghasilkan visualisasi yang cukup meyakinkan mendekati keaslian yang pernah kita alami sehari-hari di masa bersekolah jaman dahulu. Unsur komedi juga cukup menonjol sehingga menjadi penyeimbang cerita. Penampakan dan tampilan hantu pada khususnya mendekati yang biasa disuguhkan horor Jepang/Korea sehingga beberapa orang menyebutnya jiplakan. Hm..“
Spooky-meter : 2.5 out of 5

Sebetulnya posisi 8-10 masih cukup berimbang dengan posisi 11-15 nya secara berurutan yakni
11. Legenda Sundel Bolong (Hanung Bramantyo)
12. Jelangkung 3 (Angga Dwimas Sasongko)
13. Dikejar Setan (Harry Dagoe)
14. The Real Pocong (Hanny R Saputra)
15. Lentera Merah (Hanung Bramantyo)

Bagaimana menurut pendapat anda?

Tinggalkan komentar anda di bawah ini atau tweet langsung dengan mention databasefilm via Twitter.
Komentar yang saya terima di atas tanggal 14 November 2010 tidak disertakan dalam kompetisi free ticket iNAFFF10.

9 komentar:

echa mengatakan...

Can't agree more.
Pintu Terlarang memang salah satu film thriller terbaik yang pernah dibuat di Indonesia. Dan juga Rumah Dara.

Apresiasi untuk 'Takut' harus-nya bisa lebih. IMO, it's even better than that Thai's Phobia.

FIRAS mengatakan...

Pintu terlarang emang bener-bener mind blowing movie deh :)

tapi film Pocong 2 lah yang justru ngebuat gw bener-bener ga bisa tidur pas abis nontonnya . horrornya bener-bener dapet dan emang pocong itu salah satu setan terseram asli indonesia :D

So IMHO , best horror movie (emang bener-bener film setan) buat gw ya Pocong 2 :D sampe sekarang gw masih inget beberapa adegan pocongnya muncul dimana aja -____-

email : m.firasbakrie@yahoo.com

ivy mengatakan...

wah, ada satu lagi yang belum masuk daftar, Keramat. Filmnya gak terlalu booming, dan cover cd nya gak terlalu menjual. Tapi filmnya nakutin bgt karena menjual setan2 Jawa. Mulai dr nyi roro kidul, pocong, dll. Pengambilan gambar dengan kamera pribadi kayak The Blair witch projectnya juga nambah efek ketakutan dan kejutannya.

Kalo dari film2 di atas, saya setuju sama pocong 2 dan kuntilanak. Bener2 dua setan andalan Indonesia. Sampai sekarang pun judul film horor indonesia tinggal nambahin embel2di dua nama setan itu, dan jadilah film yang gak bagus2 amat tapi menjual.

Email: ivyfebrianti@yahoo.com

olivia mengatakan...

Hei..anda mmelewatkan MATI SURI. Dengan. Ending twist,sprt INCEPTION yg bermimpi dalam mimpi,apakah anda menduga jika NADINE mati suri dalam mati suri-nya? Keterkejutan anda ditambah ketika mngetahui teman baru Nadine di villa sepinya iti ternyata bukan manusia berikut penyebab kematiannya. Pada akhirnya kita akan bertanya2 siapakah pria yg menjadi si jahat? Dan yg menjadi unforgotable moment ketika penampakan2 yg menghantui Nadine berguling dan berubah wujud! Well, seharusnya MATI SURI masuk kedalam list anda sebagai BEST INDONESIAN HORROR MOvIES in last 5 years :)

febian soewarjo mengatakan...

kalau menurut aku film terbaik 5 tahun terakhir adalah

kuntilanak
pocong2
Hantu

3 film di atas bener" bikin bulu kuduk merinding dan selalu bikin tegang orang yang nonton... film di atas juga selalu di inget penonton karna bener" seremmm....

yah semoga perfilm indonesia memuncul'kan film" yang lbh bagus lagi dan mempunyai alur cerita yang lbh bagus lagi...

tianfebriani@yahoo.co.id

natanael mengatakan...

Dari listnya mungkin hanya 3 film yang gw bilang setuju pantas dikatakan best horror movie ada Pintu Terlarangnya Joko Anwar, Rumah Dara yang emang paling the best menurut gw dan Antology pertama Indonesia "Takut : Faces Of Fear"

ardnas20 mengatakan...

dari 15 film di atas, tercatat 9 film yang sudah saya tonton, mostly saya setuju dg pendapat om witra.

Pocong 2: satu2nya film horror setan yang saya tonton di bioskop yg bikin saya gak berani pulang abis film kelar. efek nakutin dan ngagetinnya lebih dari sekedar kata berhasil. best indonnesian horror movie to date for me.

Rumah Dara: meskipun sudah khatam dengan SAW dan Hostel, saya tetap bergidik ngeri pas nonton film ini. film horror indonesia darah terbaik menurut saya nih.

Kuntilanak: karena berhasil ditakut2in sama kuntilanak di bioskop, saya bersikukuh nonton kuntilanak 2 dan 3 di bioskop. namun sayang, 2 sekuelnya gak lebih baik dari seri pertamanya.

Pencarian Terakhir: setelah nonton film ini saya jadi lebih aware kalo naik gunung. sebelumnya gak pernah tuh kepikiran sama hal2 mistis yg disebutkan di film ini. satu lagi, film ini berhasil bikin saya jatuh cinta sama karya2 AAR.

Takut: gak semua 6film pendek dalam Takut itu bagus IMO. hanya Dara, Rescue, Show Unit, dan Titisan Naya yg berhasil menarik perhatian horror saya.

Hantu: suasana mistis hutan lagi2 berhasil bikin bulu kuduk saya berdiri. ditambah ending cerita yang cukup unpredictable.

Lawang Sewu: kalo film ini saya gak ngerasa spesial sih, dari segi horronya maupun akting dan cerita. IMO

Jelangkung 3: udah lupa sama film ini, so gak bisa ngasih komen, hehehe

dan lagi2 saya dibuat mupeng buat nonton Pintu Terlarang. how poor i am.

good job, om witra!!!
oiya, pake ngasih alamat imel ya >> sandraekaristianjani20@gmail.com

Wahyu Triwibowo mengatakan...

Film jelek...

Anonim mengatakan...

try KERAMAT, the best Indonesian horror movie