XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Kamis, 12 Maret 2009

PASSENGERS : Konseling Penumpang Selamat Kecelakaan Pesawat

Quotes:
Eric-What is scary about commitment is that your life becomes real. It is not a plan, it is not what you had hoped for - it is real.

Storyline:
Setelah kecelakaan pesawat, terapis muda bernama Claire ditugaskan atasannya untuk sesi konseling lima penumpang yang selamat. Satu persatu mulai mengungkapkan pengalamannya sekaligus penjelasan yang mungkin berguna untuk melacak penyebab sayap pesawat terbakar terlebih dahulu. Tetapi ada satu pasien yang paling menarik di mata Claire yaitu Eric yang tertutup. Lambat laun kedekatan Claire dan Eric berubah menjadi cinta. Satu persatu dari lima penumpang tersebut mulai menghilang secara misterius. Claire pun mencurigai adanya konspirasi maskapai di balik semua itu. Namun siapa dalang yang sesungguhnya bertanggungjawab?

Nice-to-know:
Keseluruhan syuting dilaksanakan di British Columbia, Kanada.

Cast:
Terakhir dipuji dalam Rachel Getting Married, Anne Hathaway berperan sebagai Claire Summer, terapis cantik yang khusus menangani orang-orang yang selamat dari kecelakaan pesawat terbang yang fatal.
Pada tahun 2004 dinominasikan sekaligus dalam Golden Globe dan Emmy Award lewat Angels In America, Patrick Wilson kali ini bermain sebagai Eric, salah satu korban selamat yang juga bermasa lalu kelam.

Director:
Pria kelahiran Colombia bernama Rodrigo Garcia ini terakhir menangani 22 episode serial televisi In Treatment. The Passengers adalah film layar lebarnya yang kelima.

Comment:
Dari segi cerita, film ini mengalir lembut nyaris tanpa riak dari awal sampai akhir. Sangat kental dengan unsur drama psikologis daripada sebutan thriller yang disematkannya. Anda mungkin akan mengalami kebosanan. Beruntung dari cast, mereka memiliki Hathaway yang tampil berkharisma sebagai terapis muda yang sepintas kelihatan kuat tetapi kesepian di dalamnya. Wilson juga seperti biasa bermain memikat sebagai pemuda mandiri tetapi rapuh. Interaksi keduanya juga menarik. Sayangnya tidak banyak penjelasan mengenai masa lalu mereka berdua yang seharusnya bisa dieksplorasi lebih detail lagi untuk memperkuat konflik yang ada. Pengalaman sejauh ini di dunia pertelevisian, sang sutradara Garcia malah seperti membawa film ini menjadi tampilan serial televisi mingguan. Sungguh! Anda yang mengharapkan elemen-elemen horor tidak akan menemukannya disini. Twist penting di endingnya juga tidak akan terlalu mengejutkan karena beberapa film sejenis sudah mengungkapkannya terlebih dahulu. Seperti yang sudah saya katakan sebelumnya, jajaran cast lah yang menolong film ini dari penilaian buruk para kritikus sekaligus penonton awam.

Durasi:
90 menit

Europe Box Office:
€561,000 (Italy) till end of 2008

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: