XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Selasa, 12 Januari 2010

THE FOURTH KIND : Fakta Penyusupan Alien Dalam Tubuh Manusia?

Tagline:
There are four kinds of alien encounters. The fourth kind is abduction.


Storyline:
Pada tahun 1972, diberikan skala pengukuran kedatangan alien di muka bumi. Saat UFO terlihat, itulah perjumpaan pertama. Bukti-bukti terkumpul adalah perjumpaan kedua. Saat ada kontak itulah perjumpaan ketiga. Lalu yang keempat adalah ketika alien mengambil alih tubuh manusia! Seperti halnya yang terjadi di Nome, kota kecil di Alaska yang dilaporkan paling banyak angka orang menghilang sejak tahun 1960an. Tertarik dengan fakta itu, psikolog Dr. Abigail Tyler memulai sesi videotape dengan koleganya Dr. Abel Campos yang mengalami trauma paska meninggalnya Will, suaminya yang dicurigai dirasuki alien. Pada akhirnya Dr. Abigail menemukan kejanggalan-kejanggalan yang sulit dijelaskan logika pada dokumentasi tersebut.

Nice-to-know:
Syuting dilakukan di Kanada, Bulgaria dan USA. Presiden Kawerak Inc yang mewakili komunitas Alaska, Melanie Edwards mendefinisikan film ini sebagai tidak sensitif terhadap keluarga yang anggotanya turut menghilang di Nome selama bertahun-tahun.


Cast:

Memulai karir akting lewat film Two Moon Junction (1988), Milla Jovovich disini bermain sebagai Abbey Tyler yang superstitius dan mempunyai rasa keingintahuan yang besar.

Will Patton
sebagai Sheriff August

Elias Koteas sebagai Abel Campos


Director:

Nama pria berkulit hitam ini memang unik yaitu Olatunde Osunsanmi. Sebelumnya pernah menangani Etat (2000).


Comment:
Tampaknya menjadi trend sendiri di akhir tahun bagi jaringan Blitzmegaplex untuk memutar film-film bujet kecil Hollywood yang lebih dikategorikan sebagai indie movies. Terakhir kita lihat Paranormal Activity yang sukses menakutkan itu dan kali ini disuguhkan plot cerita yang juga diangkat dari kisah nyata, hanya saja bukan hantu-hantuan tetapi alien. Trailer film ini boleh dibilang menjanjikan karena mampu membangun kengerian. Namun apa yang disuguhkan sesungguhnya jauh dari itu. Sejak menit-menit awal, penonton dipaksakan untuk percaya bahwa alien itu ada (walau sesungguhnya memang ada?! dengan berbagai teori klise yang tidak didukung oleh fakta yang cukup kuat. Alhasil sepanjang film, kita terasa dibodohi dengan penyusupan alien ke tubuh manusia, teknik hypnosis untuk mengembalikan ingatan dan konsep UFO yang sebetulnya sudah sangat lawas. Gaya bercerita dengan narasi malah semakin membingungkan batasan antara tokoh nyata itu sendiri. Cast dan sutradaranya juga tidak membantu samasekali sehingga The Fourth Kind terasa mentah, sama halnya dengan keberadaan Abigail Tyler yang tidak real di dunia nyata lewat pembuktian apapun. Kampanye marketing yang jelas menipu calon konsumennya!

Durasi:
95 menit

U.S. Box Office:
$25,360,255 till Dec 2009

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: