XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 31 Januari 2010

CASE 39 : Menangani Kasus Supernatural Bocah Perempuan Bermasalah

Tagline:
Some cases should never be opened.

Storyline:
Pekerja sosial yang khusus menangani anak-anak, Emily Jenkins telah menangani 38 buah kasus yang kesemuanya berhubungan dengan kekerasan dalam keluarga yang merugikan putra/putri mereka. Tibalah file terbaru yang disodorkan bosnya Wayne yaitu Lilith, seorang bocah perempuan 10 tahun yang mengalami rencana pembunuhan oleh kedua orangtuanya, Edward dan Margaret. Merasa kasihan dan dihantui trauma masa kecilnya, Emily nekad mengadopsi Lilith di rumahnya. Perlahan-lahan, kejadian demi kejadian yang sulit dijelaskan terjadi dan bencana mulai menimpa orang-orang di sekeliling Emily termasuk kekasihnya, Doug. Siapa sesungguhnya Lilith dan apa kekuatan yang menguasainya?

Nice-to-know:
Diproduksi oleh Paramount Pictures. Saat syuting adegan terbakar, spesial efek yang digunakan di luar kendali dan benar-benar membakar set film yang sudah dibangun termasuk peralatannya. Untungnya tidak ada yang terluka dan syuting dilanjutkan keesokan harinya dengan peralatan yang baru yang dikumpulkan dari berbagai penjuru.

Cast:
Renee Zellweger memulai karir akting secara resmi dalam 8 Seconds (1994) dalam artian namanya tercantum di credit title. Kali ini ia berperan sebagai Emily Jenkins, pekerja sosial simpatik yang cerdas dalam menangani kasus-kasusnya.
Lebih banyak tampil di serial televisi, bintang cilik berusia 16 tahun bernama Jodelle Ferland ini tampil sebagai bocah misterius 10 tahun, Lilith Sullivan.
Terakhir mendukung The Hangover di tahun yang sama, Bradley Cooper bermain sebagai kekasih Emily, Douglas J. Ames.

Director:
Pria kelahiran Jerman bernama Christian Alvart ini menyutradarai film ketiga dan keempatnya di tahun 2009. Selain Case 39 adalah Pandorum yang juga thriller supernatural.

Comment:
Melihat trailernya, saya masih belum menentukan apakah ini thriller psikologis atau horor murni. Nyatanya film ini berjalan di tengah-tengah, sesuatu yang menurut saya unik walau mungkin terkesan tanggung. Plot ceritanya sederhana yang sangat umum, anak adopsi yang bermasalah pada akhirnya. Sepintas mengingatkan kita pada The Orphan yang sangat menggemaskan itu. Beruntung film ini memiliki Zellweger sebagai salah satu castnya. Seperti biasa dia tampil original dan karakternya sangat humanis selayaknya bisa dialami siapa saja dengan reaksi yang juga sangat wajar. Ferland bukanlah Fuhrman yang tampil kuat tetapi cukup memberikan kesan menakutkan dengan tubuh kurus, kulit pucat dan mata besarnya. Alur cerita bergerak sangat lamban terutama di awal film, saya yakin banyak penonton yang menginginkan percepatan di tengah sampai akhir film. Namun sayangnya hal itu tidak terjadi karena adegan-adegannya memang didesain dengan tempo sedemikian rupa untuk menampilkan kejutan demi kejutan yang berusaha disimpan hingga akhir. Pada akhirnya CASE 39 tidaklah berusaha memuaskan pecinta horor karena tampilan wajah iblis hanya muncul beberapa kali tetapi setia dengan pakem thriller psikologis yang selambat kura-kura!

Durasi:
95 menit

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: