XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 23 Januari 2010

THE BOX : Tombol Satu Juta Dollar Berkonsekuensi Mengerikan

Quotes:
Norma Lewis-You sure do ask a lot of questions.

Walter Lewis-And now you're avoiding them.


Storyline:
Pasangan suami-istri Norma dan Arthur Lewis yang tinggal di pinggir kota bersama putra mereka Walter tiba-tiba menerima hadiah kotak kayu dari seseorang misterius bernama Arlington Steward. Pesannya hanya satu yaitu menerima sejuta dollar apabila dalam waktu 24 jam mau menekan tombol dalam kotak tersebut. Bukannya tanpa konsekuensi, karena aksi tersebut dapat menyebabkan kematian seseorang di suatu tempat di muka bumi yang tidak mereka kenal. Dilema dalam membuat keputusan atas kotak mereka sendiri, Arthur dan Norma harus mempertahankan moral dan kewarasan yang bisa jadi kunci tepat dari semua misteri yang ada.

Nice-to-know:
Film yang mengacu pada referensi angka 13 setidaknya empat kali dalam durasinya ini melakukan keseluruhan syuting di Massachusetts, USA.

Cast:
Tampil serius dalam 2 filmnya di tahun 2009 termasuk My Sister's Keeper, Cameron Diaz disini bermain sebagai Norma Lewis, seorang istri yang mengalami cacat kakinya.
Angkat nama lewat beberapa serial televisi tahun 1990an termasuk The Nanny, James Marsden kebagian karakter Arthur Lewis, salah satu jenius pekerja NASA.
Baru saja dinominasikan sebagai Aktor Pendukung Terbaik di ajang Oscar lewat Frost/Nixon (2008), Frank Langella memerankan tokoh antagonis misterius, Arlington Steward.

Director:
Sutradara muda usia 34 tahun bernama Richard Kelly ini mengawali karirnya sekaligus penulis cerita The Goodbye Place (1996). The Box adalah film kelimanya.

Comment:
Kata yang paling pas mewakili film ini adalah MEMBINGUNGKAN! Menit-menit awal kita diajak mengenal pasangan Lewis dan kondisi kehidupan lingkungan sekitar mereka yang bisa dikatakan janggal. Gaya yang sama yang dipakai sang sutradara selayaknya Donnie Darko dan Southland Tales sehingga tidak heran jika sebelum satu jam, beberapa penonton sudah angkat kaki. Sisanya yang bertahan hanya termangu di kursi dan tidak menyadari samasekali apa yang baru saja mereka saksikan selama hampir dua jam duduk di dalam bioskop! Saya hanya menangkap sekitar 35% dari inti cerita yang ditawarkan, itupun hanya berupa interpretasi yang tidak pasti. Berterima kasihlah pada kinerja Langella yang menciptakan karakter mengerikan dan juga Marsden yang tertekan dengan semua fakta yang mungkin saling terkait. Diaz nanti dulu, sulit menyaksikannya bermain serius. Kelly selaku pengeksekusi cukup berani mengambil resiko dengan tampil beda menggunakan visi kreatif dalam menerjemahkan cerita yang juga unik. Jika anda hanya mencari hiburan semata, jauhi film ini yang jelas-jelas mengutamakan elemen-elemen film yang dalam, kaya, kompleks dan mampu memprovokasi hal-hal spiritualisme, ekstensialisme dan fenomena alam. Pesan saya, berdiskusilah dengan teman nonton anda setelahnya! Jangan lupakan kata-kata Tuan Steward sebagai berikut: "Your house is a box which you live in. The car that you drove to work is a box, on wheels. When you return home from work you sit in front of a box with moving images. You watch until the mind and soul rots and the box that is your body deteriorates, when finally you are placed into the ultimate box... to rest under the soil and earth."

Durasi:
105 menit

U.S. Box Office:
$14,961,931 till Dec 2009

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: