XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Senin, 18 Januari 2010

MARGOT AT THE WEDDING : Dua Saudari dan Rahasia Pahit Keluarga

Quotes:
Claude-Did she poop in her pants? Margot-It happens to everyone, not just babies. It will happen to you too someday.

Storyline:
Potongan kehidupan berkeluarga yaitu saudari, suami, anak-anak, sejarah, rahasia dan kecemburuan! Margot dan bocah remaja kecilnya, Claude berangkat dari Manhattan menuju Long Island tempat kelahirannya ditemani saudari perempuannya, Pauline dan anak perempuannya. Kedatangan Margot didasarkan pada pernikahan kedua Pauline dengan Malcolm yang pecundang dalam minggu ini. Diskusi keluarga antar kedua saudari tersebut diteruskan Margot pada putranya. Ketidaksukaan Margot pada Malcolm semakin jelas terlihat dan merendahkannya. Akankah pada akhirnya Margot memberikan restu yang tulus pada Pauline?

Nice-to-know:
Awalnya berjudul "Nicole at the Beach" sebagai penghormatan kepada Eric Rohmer. Namun saat Nicole Kidman bermain, judul pun berubah.

Cast:
Sebelum ini tampil dalam proyek remake bersama Daniel Craig yaitu The Invasion, Nicole Kidman berperan sebagai Margot, orangtua tunggal yang membesarkan putranya Claude yang dimainkan oleh Zane Pais.
Tokoh pasangan yang akan menikah yakni Malcolm dan Pauline diberikan pada duo J, Jack Black dan Jennifer Jason Leigh.

Director:
Pria kelahiran New York bernama Noah Baumbach ini terakhir mengarahkan film kelimanya yaitu The Squid and the Whale (2005).

Comment:
Totalitas akting membuat Kidman, Jason Leigh dan Black sempat tinggal bersama dalam satu atap untuk benar-benar masuk dalam karakter mereka sebagai anggota keluarga kelas menengah dengan problemnya masing-masing. Potret dua saudari Kidman dan Jason Leigh sepintas benar-benar serupa satu sama lain dengan pemikiran yang kompleks. Black juga memiliki interpretasi yang unik dengan karakternya. Sang sutradara juga sedikit mengangkat isu incest, pedofilia dalam keluarga. Ia boleh dibilang berhasil menerjemahkan kedalaman tema menjadi skrip yang tajam dengan beberapa esensi yang kuat di dalamnya. Dikategorikan sebagai drama komedi hitam tetapi film ini sangat berat untuk dinikmati. Walaupun ceritanya simpel tetapi memiliki kedalaman sendiri terlebih jika anda memikirkannya sebagai sebuah renungan setelah menontonnya. Endingnya tidak menawarkan kesimpulan apa-apa tetapi interpretasi anda sendirilah yang akan menjelaskannya. Jelas bukan film yang bisa dinikmati khalayak umum begitu saja karena rumit dan membosankan.

Durasi:
90 menit

U.S. Box Office:
$1,959,420 till Jan 2008

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: