XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 28 Agustus 2009

KATA MAAF TERAKHIR : Permintaan Khusus Menjelang Ajal

Cerita:
Mengetahui hidupnya akan berakhir dalam waktu singkat, Darma berusaha mencapai beberapa "target" yang telah ditetapkannya yaitu shalat lima waktu, puasa sebulan penuh, berhenti merokok serta meminta maaf pada mantan istrinya, Dania dan kedua anak mereka yaitu Reza dan Lara. Keinginan terakhir itulah yang ternyata teramat sulit dilakukan karena kesalahan besar yang dilakukan Darma di masa lalu dengan menghamili Alina, sahabat Dania sendiri. Akankah Darma dimaafkan sebelum menghembuskan nafas terakhirnya?

Gambar:
Sinematografi yang dijual tidak jauh beda dengan kualitas sinetron atau film televisi.

Act:
Setelah sekian lama berkiprah, Tio Pakusadewo kembali memegang peran utama sebagai Darma, lelaki setengah baya yang berusaha bertobat setelah melakukan kesalahan fatal terhadap keluarganya.
Pernah tampil sekilas dalam Lantai 13, perannya sebagai Dania merupakan salah satu terobosan berarti bagi Maia Estianty yang dituntut harus bisa menangis disini.
Amanda dan Ade Surya Akbar tampil cukup natural sebagai kedua anak Dania, Reza dan Lara.
Didukung pula oleh dua senior, Dwi Sasono dan Kinaryosih sebagai Dokter Rey dan Alina.

Sutradara:
Film layar lebar pertama bagi Maruli Ara dimana momentumnya cukup bagus karena disajikan sebagai tontonan bulan Ramadhan.

Komentar:
Jika ditilik secara keseluruhan sebetulnya tidak ada yang spesial pada Kata Maaf Terakhir. Namun plot cerita drama keluarga yang sederhana tersebut dikemas secara wajar dan didukung dengan kemampuan aktualisasi akting yang lumayan baik dari seluruh aktor-aktris pendukungnya terutama Tio dan Amanda yang berhasil menciptakan chemistry kuat saat mereka berbagi layar. Kesan melankolis cukup berhasil dibangun sehingga beberapa adegan niscaya mampu membuat anda terharu. Akhir kata, film ini sangat pas menjadi teman berbuka anda di bulan puasa ini sembari merenungkan makna dari sebuah keluarga.

Durasi:
100 menit

Overall:
7 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

1 komentar:

Hafizophonic! Studio mengatakan...

Tambahan dikit, buat bunda Maia, selain sedikit peran di Lantai 13, pernah juga main film Oh My God di sekitar Agustus 2008.

-Fiz