XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 16 Agustus 2009

ORPHAN : Misteri Gadis Yatim Piatu Adopsi Keluarga Coleman

Tagline:
There's something wrong with Esther..

Quotes:
Esther-Please, Mommy. Don't let me die.
Kate Coleman-I'm not your fucking mommy!

Cerita:
John dan Kate Coleman mengalami masalah dalam perkawinan terlebih setelah anak ketiga mereka yang rencananya dinamakan Jessica meninggal dalam kandungan Kate. Berusaha mengatasi trauma, John dan Kate mendatangi panti asuhan dan jatuh cinta pada Esther, seorang gadis cilik 9 tahun yang santun dan cerdas. Segera saja Daniel dan Max memiliki saudari yang baru. Perlahan-lahan sikap Esther mulai berubah menjadi posesif dan sensitif. Kate yang pertama menyadarinya segera menghubungi Suster Abigail, kepala panti tempat Esther diadopsi. Petunjuk demi petunjuk semakin menguatkan kecurigaan Kate akan kemisteriusan Esther. Namun apakah semua misteri bisa diungkapkan sebelum terlambat?

Gambar:
Mengambil lokasi di Quebec dan Ontario, Kanada benar-benar pas untuk menggambarkan suasana keluarga Coleman yang jauh dari kehangatan serta lingkungan yang selalu tertutup salju.
Act:
Vera Farmiga mengawali karir layar lebarnya dalam The Butterfly Dance (1998) dan terus melejit namanya termasuk saat menjiwai karakter Kate Coleman yang berusaha bangkit dari trauma masa lalunya dengan keluarganya sendiri.
Dead Man Walking (2005) menjadi debut akting Peter Sarsgaard yang kali ini kebagian peran John Coleman, seorang ayah yang mencintai istri dan anak-anaknya ini.
Dipuji sebagai calon bintang setelah menjadi bintang tamu dalam serial teve Ghost Whisperer, Isabelle Fuhrman yang baru berusia 12 tahun kembali membuktikan bakatnya sebagai Esther, gadis cilik yatim piatu yang misterius sekaligus kejam.
Dua bintang cilik Jimmy Bennett dan Aryana Engineer juga tak kalah gemilang memerankan kakak beradik Daniel dan Max Coleman.

Sutradara:
Jaume Collet-Serra yang berkebangsaan Spanyol melejit lewat debutnya yang juga sebuah remake, House Of Wax (2005) yang cukup sukses dalam peredaran dunianya. Kini ia mempertahankan tensi thriller yang kurang lebih sama dalam Orphan walaupun memiliki storyline yang jauh berbeda.

Komentar:
Ini adalah film dewasa, bukan konsumsi anak-anak meskipun plotnya tentang pengadopsian anak yatim piatu. Lebih tepat disebut drama thriller psikologis daripada horor yang semula diperkirakan orang. Dan memang Orphan bercerita dengan runut sehingga terkesan sangat lambat terutama di bagian awal pengenalan keluarga Coleman secara detail. Tapi semua itu tertutupi dengan akting yang brilian dari lima karakter utama dan juga eksekusi sinematografi yang sangat baik dari sang sutradara. Belum lagi ditambah dengan background score yang semakin memperkuat adegan demi adegan. Plot cerita terkonstruksi dengan baik. Film ini tidak berusaha mengeksplorasi ketakutan dan rasa penasaran penonton, tetapi tetap menjaga penonton merasa tegang dan mereka-reka sampai semuanya terungkap di penghujung. Jika anda lelah atau bosan dengan horor/thriller yang biasa "berlebihan", saksikan film ini. Semua elemen pendukung yang brilian itu membuat saya berani memberikan poin tinggi walaupun mungkin tidak akan memenangkan penghargaan apapun!

Durasi:
115 menit

U.S. Box Office:
$38,346,772 till mid Aug 2009

Overall:
8.5 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: