XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Kamis, 07 April 2011

13 CARA MEMANGGIL SETAN : Buku Kuno Koneksi Dunia Lain

Storyline:
Tiga sahabat Venus, Dilo dan Fredi tanpa sengaja menemukan buku kuno bersampul merah “13 Cara Memanggil Setan” di kios buku lawas. Tanpa ragu mereka langsung mempraktekkannya tanpa ada hasil yang nyata. Tanpa disadari ketiganya mengalami mimpi basah pada suatu malam dan disitulah kutukan mulai bekerja karena segerombolan hantu wanita kerap meneror mereka. Lewat petunjuk Hadi yang juga paman dari Tera, Venus dkk harus menyelesaikan langkah yang sudah mereka mulai. Atau Putri Jingga selaku pencetus buku tersebut akan mengambil nyawa mereka satu persatu tanpa ampun. Berhasilkah misi tersebut terselesaikan dengan bantuan Mbah Jambrong sekalipun?

Nice to know:
Diproduksi oleh Putra Kusuma dan diproduseri oleh Axel.

Cast:
Debby Ayu sebagai Tera
Roy Saputra sebagai Venus
Yoga Hoebner sebagai Fredi
Diki Al Mubaraq sebagai Dilo
Ki Kusumo sebagai Hadi
Him Damsyik sebagai Mbah Jambrong
Febriyanie sebagai Jingga

Director:
A Liong.

Comment:
Melihat trailernya otomatis pikiran kita akan melayang pada sebuah film Mandarin berjudul The Eye 10 (2005) milik Pang Brothers. Jika disana menggunakan buku berisi 10 cara melihat hantu maka disini “lebih” pandai lagi dengan memakai angka mistis 13 sebagai penguat aspek psikologisnya. Tidak menjiplak 100% tetapi memang ada kemiripan yang sudah disesuaikan dengan budaya lokal tentunya.
Tiga karakter utama yang kesemuanya remaja laki-laki menjadi subyek pemegang buku tersebut. Dan harus saya katakan Roy, Yoga dan Diki menerjemahkan persahabatan mereka dengan cukup baik. Sedangkan Debby yang namanya dipasang besar-besar malah tidak terlalu dominan peranannya selain beradegan seksi dalam menutup film. Duet maut Ki Kusumo dan Him Damsyik seakan menghadirkan kembali nuansa film mistik lokal tahun 80-90an dahulu dengan koreografi dan transfer ilmunya yang antik bin ajaib itu. Terima kasih pada perkembangan spesial efek yang sudah jauh lebih baik di masa kini.
Jangan coba-coba menghitung 13 cara yang dimaksud karena akan memusingkan kepala saja. Terlebih sampul buku pusaka yang anehnya saya lihat sering berubah-ubah warna mulai dari coklat muda hingga merah tua. Namun beberapa cara memang tergolong masuk akal dan sudah seringkali kita dengar sebelumnya, seperti yang paling mudah yaitu mencukur alis mata. Bisa dibuktikan sendiri pada malam Jumat mungkin, anyone?
Horor yang satu ini tidak akan membuat anda sampai melempar popcorn di tangan dengan tingkat keseraman yang demikian cupu. Bayangkan saja hantu-hantu wanita (tidak cantik) berbusana tipis nan minim layaknya vampir bertaring palsu yang entah diberikan training macam apa sampai bisa berjalan dengan gaya zombie kelaparan. Mereka bisa datang dan pergi dengan atau tanpa trik sekalipun. Hebat!
Terlepas dari 13 Cara Memanggil Setan yang berkualitas amat rendah selayaknya film kelas 2, horor yang satu ini di luar dugaan masih dapat dinikmati sebagai sebuah hiburan yang kacau. Saya sendiri cukup terkejut dapat tertawa beberapa kali lebih karena ketololan demi ketololan yang dibawakan, terlebih mampu bersabar menyimak menit demi menit hingga credit title bergulir. Di luar ekspektasi pribadi yang sudah diturunkan serendah-rendahnya. Jika saja dibuat dengan konsep yang lebih matang, hasilnya bisa jadi berbeda 180 derajat.

Durasi:
95 menit

Overall:
6 out of 10

Movie-meter:

2 komentar:

sakau film mengatakan...

buku kosong tapi bisa dibaca.. Eh pas disorot kamera dari dekat lembaran bukunya berwarna.. Aneh -_-

moviefreak mengatakan...

Mungkin buku ditulisnya pake tinta khusus ^^'