XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Senin, 16 Februari 2009

VALKYRIE : Operasi Rahasia Rencana Kudeta Hitler

Quotes:
Claus von Stauffenberg-If I fail, they'll come for you. They'll come for all of you.
Nina Von Stauffenberg-I know.
----------
Col. Claus von Stauffenberg-Only God can judge us now.

Cerita:
Kolonel Claus von Stauffenberg merupakan seorang yang menolak dogma Nazi tapi harus tetap bertugas demi negaranya sambil merencanakan pemberontakan terhadap Hitler. Saat berperang di Afrika, Stauffenberg kehilangan tangan dan mata kirinya sehingga memutuskan pada tahun 1944 mencoba mengkudeta Nazi sekaligus mengakhiri perang. Operasi Valkyrie pun disusun bersama beberapa elemen militer Jerman yang sepaham dengannya. Melaksanakan rencana ternyata tidaklah mudah. Butuh perjuangan dan pengorbanan pada akhirnya..

Gambar:
Suasana Perang Dunia II pada tahun 1940an tertangkap dengan baik terutama menyorot keadaan politik Jerman yang kental dengan pengaruh Hitler dimana-mana dengan simbol Nazi yang mendominasi.

Act:
Tom Cruise yang dikabarkan putus asa karena tidak kunjung menang Oscar mengambil peran Stauffenberg disini. Penghayatannya cukup baik karena sedikit mengubah aksennya menjadi Jerman. Sayang nominasi pun tidak mampir ke tangannya pada Academy Awards 2008 ini.
Kenneth Branagh yang absen sekitar 5 tahun dari dunia perfilman kali ini memerankan Major General Henning von Tresckow.
Aktor kawakan Bill Nighy sebagai General Friedrich Olbricht.
Terrence Stamp sebagai Colonel General Ludwig Beck.
Aktor yang belum terlalu dikenal, David Bamber sebagai Adolf Hitler.

Sutradara:
Film Jerman yang sukses di berbagai penghargaan dunia, The Usual Suspect (1995) melejitkan nama Bryan Singer yang kala itu baru berusia 30 tahun. 13 tahun berlalu, Singer kembali dengan film yang kental dengan sejarah nyata Jerman yang sebetulnya tidak asing tapi tidak semua khalayak mengetahui detail ceritanya.

Komentar:
Film yang menarik secara keseluruhan walau tidak sampai taraf luar biasa. Jajaran cast dan sutradara yang gemilang berhasil mengangkat film ini sesuai porsinya masing-masing. Kekurangannya mungkin pada pendalaman karakter sehingga penonton sulit bersimpati penuh pada perjuangan kelompok tersebut. Walaupun akhir cerita mungkin bisa ditebak tetapi tetap menarik menyaksikan proses menuju arah tersebut. Valkyrie sekaligus menggambarkan bahwa hal-hal kecil bisa berdampak besar di dalam hidup.

Durasi:
110 menit

U.S. Box-Office:
$82,858,975 till early March 2009

Overall:
7.5 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: