XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 01 Februari 2009

THEY WAIT : Bulan Hantu Menguak Tabir Kelam Keluarga

Cerita:
Sarah menemani Jason kembali ke Shanghai untuk menghadiri pemakaman pamannya yang berprofesi sebagai pengumpul tulang. Sesampainya disana, putra mereka Sammy mulai mengalami gangguan spiritual terlebih saat tinggal sementara di rumah tua bibinya Mei hingga jatuh sakit. Seorang apoteker tua mengatakan pada Sarah bahwa bulan itu adalah Bulan Hantu dimana pintu neraka terbuka dan akan ada yang kembali untuk menuntaskan dendam lama. Berpacu dengan waktu, Sarah berjuang agar tidak kehilangan putranya dengan mencari jawaban apa yang sesungguhnya terjadi atas kejadian tragis di masa lalu yang sesungguhnya telah tersimpan rapat.

Gambar:
Kental dengan budaya China yang melatar belakangi film ini. Sayangnya tidak terlalu nampak perbedaan setting waktu yang sering berpindah-pindah sepanjang film.

Act:
Bukan hal baru bagi Jaime King dalam bekerja sama dengan film yang berunsur etnik China seperti dalam Bulletproof Monk bersama Chow Yun Fat. Kali ini sebagai Sarah, Jaime menampilkan sosok ibu yang berusaha melakukan apapun untuk menyelamatkan putra semata wayangnya.
Terry Chen yang lahir dan besar di Amerika walaupun berayah Taiwan dan beribu China selama ini dikenal sebagai peran kecil dalam serial televisi Amerika. Sebagai Jason, kemunculan Terry memang tidak frekuentif tapi cukup menarik sebagai ayah sekaligus pekerja yang workaholic.
Regan Oey sebagai si kecil Sammy yang jatuh sakit karena melihat penampakan di rumah tua bibi ayahnya.
Aktris kelahiran tahun 1946, Cheng Pei Pei sudah sangat dikenal di dunia perfilman Mandarin. Kali ini beliau kebagian peran sebagai Aunt Mei yang sepintas terlihat baik tapi menyimpan rahasia besar.

Sutradara:
Ernie Barbarash lebih banyak membesut film televisi. Itulah yang mendasari gaya penyutradaraan yang tidak jauh berbeda dalam They Wait yang rasanya bukan konsumsi layar lebar dimanapun film ini ditayangkan.

Komentar:
Plot cerita yang sebetulnya simpel tapi dipaksakan memperlambat konflik sehingga dari awal sampai pertengahan film terasa membosankan. Beberapa penampakan mungkin akan mengejutkan walau tidak bisa dibilang menyeramkan. Kelas film ini adalah televisi atau video sehingga bisa dimaklumi kalau terdapat banyak kekurangan. Namun bukan berarti tidak menarik, sebagai tontonan They Wait cukup bisa dinikmati.

Durasi:
80 menit

Overall:
7 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellentNo such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: