XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 24 Desember 2008

AUSTRALIA : Epik Roman Sejarah Panjang Benua Australia


Quotes:
Lady Sarah Ashley-Let's go home.
Drover-There's no place like it.

Cerita:
Ketika seorang aristokrat Inggris, Sarah Ashley pergi ke sebuah benua yang jauh, dia bertemu dengan penggiring ternak sapi, Drover dan seorang anak Aborigin, Nullah. Bertiga mereka bergabung dan berjuang dalam sebuah perjalanan menggiring sapi melewati ratusan mil dataran yang indah. Ketika dunia terbelah oleh kekuatan musuh, mereka harus saling menemukan satu sama lain terlebih saat Jepang membom kota Darwin.

Gambar:
Berlokasi sebagian besar di Queensland, New South Wales, Darwin membuat scene Australia berbicara banyak dengan lanskap dan panorama yang sangat indah.

Act:
Satu-satunya proyek film di tahun 2008 setelah terakhir muncul dalam The Golden Compass, Nicole Kidman merupakan pilihan terbaik untuk menghidupkan Lady Sarah Ashley yang anggun sekaligus cerdas.
Debut layar lebarnya dimulai dalam Paperback Hero (1999) dan membutuhkan hampir 10 tahun untuk terangkat namanya, Hugh Jackman kali ini kebagian peran sebagai penggiring ternak Drover yang kasar tangguh tetapi lembut hatinya.
Aktor cilik berusia 12 tahun, Brandon Walters tampil menakjubkan sebagai Nullah.

Sutradara:
Sulit dipercaya sutradara sekaliber Baz Luhrmann baru membuat 4 film termasuk debutnya dalam Strictly Ballroom (1992)! Dalam Australia, Baz kembali ke tanah kelahirannya sehingga tidak heran jika ia bekerja semaksimal mungkin untuk menghasilkan karya terbaik.

Komentar:
Genrenya cukup luas karena memadukan roman, epik, sejarah, petualangan dimana semuanya bermuara pada asal usul benua Australia. Dari segi sinematografi harus diakui keunggulan film ini sehingga durasinya yang panjang terasa termaafkan. Cast yang menjual nama Kidman dan Jackman cukup membantu walau terkadang chemistry antar keduanya terasa agak dipaksakan. Judul dan plot cerita AUSTRALIA rasanya menanggung beban terlalu besar sehingga pada akhirnya penonton seperti "keberatan" menikmati kisah panjang ini. Tapi secara keseluruhan tetap sebuah karya yang harus dihargai walau tidak outstanding!

Durasi:
165 menit

U.S. Box Office:
$49,554,002 till March 2009

Overall:
7 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: