XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Senin, 15 Desember 2008

HENRY POOLE IS HERE : Mempercayai Mukjizat Itu Nyata

Cerita:
Dibuka dengan pengenalan terhadap seorang pria penyendiri, Henry Poole yang baru saja pindah ke pinggir kota untuk menghindari masalah-masalah dalam hidupnya. Segera dia mengenal tetangga barunya terutama wanita Spanyol relijius, Esperanza dan janda cantik, Dawn beserta anaknya yang selalu diam, Millie. Satu peristiwa aneh terjadi, noda air di dinding belakang rumah Henry disinyalir Esperanza menyerupai wajah Yesus Kristus. Kontan saja, halaman belakang rumah Henry seringkali didatangi orang yang percaya padaNya. Namun Henry berusaha mengingkari itu semua setelah apa yang dialaminya dalam hidup. Apa sesungguhnya masa lalu Henry? Benarkah mukjizat itu nyata dalam dunia modern sekarang ini?

Gambar:
Daerah tempat tinggal Henry yang teratur dan terkesan sunyi disyut dengan baik beserta aktivitas warga di sekitarnya. Sekelebat potongan gambar tentang masa lalu Henry seringkali ditampilkan, membuat kita memahami sosok Mr Poole yang sesungguhnya.

Act:
Luke Wilson yang sebelumnya kerapkali tampil dalam film komedi atau drama romantis kali ini didapuk sebagai sosok Henry Poole. Walau terkesan miscasting tetapi Luke mampu memberikan jiwa tersendiri dalam perannya sebagai pria penyendiri dan kebingungan atas hidupnya sendiri.
Radha Mitchell (Dawn), Adriana Barraza (Esperanza) dan Cheryl Hines (Meg) memberikan warna masing-masing sebagai tiga wanita dalam hidup baru Henry. Semuanya menampilkan karakter yang khas, tidak banyak scene tetapi konsisten aktingnya.

Sutradara:
Gaya Mark Pellington dalam menyutradarai serial tv dan video musik masih cukup kental dalam film ini terutama saat adegan lambat dan flashback. Secara umum memang tidak buruk tetapi masih membutuhkan inovasi lebih untuk sebuah proyek layar lebar.

Komentar:
Film yang cukup monoton ini banyak bermain dengan dialog dan interaksi yang sesungguhnya cukup menarik namun sangat lambat. Menonton Henry Poole Is Here bisa bermakna dua sisi. Di satu sisi, jika anda seorang yang relijius mungkin akan menyukai film ini dan di sisi lain, jika anda seorang yang praktis hanya bisa menikmati film ini dengan kening berkerut. Coba buktikan sendiri!

Durasi:
95 menit

U.S. Box Office (till end of Oct):
$1,829,917

Overall:
6.5 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: