XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Selasa, 02 Desember 2008

CITY OF EMBER : Misi Menyelamatkan Kota "200 Tahun"

Quote:
Doon Harrow-Keep your eyes peeled. Look around every corner. You never know where you might find a clue.

Cerita:
Ember adalah sebuah kota yang dibangun dengan tenggat waktu 200 tahun saja. Pembangun kota ini meninggalkan instruksi dalam sebuah kotak yang dipercayakan pada walikota pertama. Sayangnya seiring berjalan waktu dan beberapa perpindahan, kotak itu terbengkalai. Sampai pada masa kini dimana dua remaja, Lina Mayfleet dan Doon Harrow yang bertugas sebagai messenger dan pipeworker menemukan beberapa petunjuk untuk membawa kota itu keluar dari ancaman kegelapan dan persediaan pangan yang mulai menipis. Misi tersebut tidaklah mudah karena mereka harus menghadapi berbagai rintangan. Bagaimana akhir dari petualangan mereka? Apakah kota Ember bisa diselamatkan?

Gambar:
Khas Walden Media seperti halnya Narnia, gambar-gambar serupa dongeng jaman dahulu sangat kentara. Permainan setting tempat dan kostum yang meyakinkan membuat kita seakan-akan berada di tengah kota Ember.

Act:
Akting dua remaja pendatang baru, Saoirse Ronan sebagai Lina dan Harry Treadaway sebagai Doon cukup memberi harapan akan kelanjutan eksistensi mereka di Hollywood di masa yang akan datang. Keduanya berbagi chemistry yang pas sebagai sepasang warga yang tidak mau menyerah begitu saja pada takdir kota mereka dan berjuang sekuat tenaga.Juga didukung oleh beberapa aktor kawakan, Martin Landau, Toby Jones, Tim Robbins dan juga tidak dilupakan aktor kaliber Oscar, Bill Murray sebagai Mayor Cole.

Sutradara:
Sepertinya Gil Kenan mengalami keterbatasan bujet untuk membuat film ini. Beberapa adegan yang menonjolkan efek visual terlihat kurang maksimal. Secara keseluruhan, karya yang lumayan darinya karena di beberapa aspek dari film ini seperti casting, score, plot masih cukup menggigit.

Komentar:
Entah kenapa film ini hanya rilis terbatas di US sehingga hasil box-officenya kurang menggembirakan. Namun di negara-negara lain, saya yakin film ini masih dapat diterima dengan baik. Patut diketahui, ”Ember” dalam bahasa Hungaria equal dengan “man”. Sebagai sebuah tontonan, film ini cukup lengkap dengan unsur petualangan, drama, fiksi fantasi yang bisa ditonton oleh berbagai kalangan usia walau tadinya saya mengharapkan ending yang “lebih”.

Durasi:
90 menit

U.S. Box Office (till end of Nov):
$7,743,762

Overall:
7.5 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: