XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 07 Desember 2008

LET THE RIGHT ONE IN : Elegi Persahabatan Vampir Remaja

Cerita:
Seorang remaja berkulit pucat dan terlihat tak berdaya sehingga menjadi "bahan pengerjaan" teman-temannya, Oskar seringkali merasa hidupnya tidak menyenangkan di flat nya yang sepi. Sampai pada suatu ketika, Oskar menemukan ketertarikan pada remaja kurus berambut hitam keriting, Eli yang baru saja pindah di flat sebelah. Walaupun Eli memperingatkan Oskar dari awal agar tidak berdekatan dengannya, keduanya malah memulai untuk saling mengenal satu sama lain dengan cara yang unik. Kedatangan Eli dibarengi beberapa pembunuhan dan orang hilang dengan cara yang tidak lazim di area tempat tinggal mereka yakni kehabisan darah ataupun bekas gigitan di leher. Lambat laun, Oskar pun menyadari bahwa sebenarnya Eli adalah sesosok vampir perempuan yang haus darah. Bagaimana kelanjutan dari hubungan mereka?

Gambar:
Lanskap Swedia yang kaku di musim dingin, lengkap dengan turunnya salju dan sungai yang membeku menambah kesan dingin dan sepi film ini.

Act:
Chemistry yang baik ditunjukan dua aktor-aktris muda yakni Lina Leandersson sebagai Eli dan Kåre Hedebrant sebagai Oskar. Keduanya sukses menampilkan sosok remaja kesepian yang dilematis karena situasi namun pada akhirnya berusaha selalu bersama bahu membahu mengatasi masalah-masalah yang mereka hadapi.

Sutradara:
Tomas Alfredson boleh dibilang berhasil meramu semua pakem drama horor berkualitas dalam film ini dengan khas Swedia yang sebenarnya bukan negara Eropa terdepan dalam urusan film. Tidak heran karyanya ini mendapat pujian dan rating yang baik dimanapun film ini dibahas.

Komentar:
Cerita yang sangat real walau mungkin belum tentu ditemui di dunia nyata juga gambaran hubungan yang manusiawi antara manusia biasa dan vampir. Mengikuti film ini dari awal sampai akhir seperti menemukan beberapa klimaks dalam alur yang lambat. Beberapa adegan sadis yang ditampilkan cukup atraktif dan tidak bisa diduga!

Durasi:
110 menit

Overall:
7.5

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: