XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 13 Desember 2008

ZWARTBOEK : Perjuangan Gadis Yahudi Menghadapi Nazi Jerman

Quotes:
Rachel Stein aka Ellis de Vries-They're working off a list. Of Jews with money. They murder them.
Gerben Kuipers-How do you know all this?
Rachel Stein aka Ellis de Vries-Because I was set up myself! Because I've seen my entire family be slaughtered!

Cerita:
Seorang gadis Yahudi muda, Rachel Stein bersembunyi dari pasukan Nazi selama Perang Dunia II di Belanda. Setelah tempat persembunyiannya diketahui, melewati beberapa kejadian sampai akhirnya menewaskan keluarganya, Rachel bergabung dengan pemberontak dan mengubah namanya menjadi Ellis de Vries. Sebuah kebetulan bagi Ellis bertemu Kapten Ludwig Muntze di kereta hingga membuatnya bekerja sebagai staf administrasi dan mata-mata pada saat bersamaan. Sulit dipungkiri, keduanya menjadi saling tertarik satu sama lain. Namun saat seorang dari kaum pemberontak mengkhianati Ellis, keadaan menjadi teramat sulit karena Ellis dianggap musuh oleh kedua belah pihak. Dalam pelariannya, Ellis berusaha mencari sendiri kebenaran itu sekaligus membersihkan namanya.

Gambar:
Setting perkantoran tentara Jerman dan segala atributnya terkesan sangat nyata. Suasana Belanda di tahun 1940an pun ditangkap dengan cermat dimana perang berkecamuk dan revolusi terus menerus terjadi. Beberapa adegan vulgar khas sang sutradara juga menghiasi film ini, tentunya dengan guntingan sensor dimana-mana.

Act:
Totalitas Carice Van Houten patut diacungi dua jempol di film ini. Aksen dan gestur tubuhnya sebagai Ellis de Vries sangat meyakinkan serta menguasai setiap scene dengan brilian. Tidak heran masa depan aktris Belanda ini di Hollywood akan terbentang cerah. patut ditunggu proyeknya Valkyrie bersama Tom Cruise di penghujung tahun ini.
Beberapa aktor Jerman di film ini seperti Sebastian Koch sebagai Ludwig Muntze, Thom Hoffman sebagai Hans Akkermans, Waldemar Kobus sebagai Gunther Franken, Derek De Lint sebagai Gerben Kuipers dan lain-lain mampu menampilkan porsi akting yang gemilang dan seimbang.

Sutradara:
Paul Verhoeven yang pertama kali angkat nama lewat beberapa cult sex movies termasuk Basic Instinct kali ini hadir dengan karya terbaiknya. Sinematografi yang sangat menakjubkan di film ini membawanya memenangi beberapa penghargaan internasional sebagai sutradara terbaik.

Komentar:
Awalnya saya berpikir film ini akan membosankan dan tidak jauh beda dengan Lust Caution nya Ang Lee yang berplot hampir sama. Tetapi setelah menonton dari awal sampai akhir dengan intensitas cerita yang terus terjaga dan ilustrasi musik yang dinamis, akhirnya saya setuju dengan sebagian besar komunitas film dunia kalau film ini merupakan salah satu film Eropa terbaik yang pernah dibuat!

Durasi:
135 menit

Worldwide Box Office (till end of 2007):
$21,855,189

Overall:
8 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: