XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Kamis, 01 Maret 2012

NEGERI 5 MENARA : Sahibul Menara Kekal Persahabatan


Quotes:
Alif: Eh mimpi tuh harus jauh, tinggi. Lihat seperti menara itu!

Nice-to-know:
Diproduksi secara kolaborasi oleh Simple Pictures, KG Productions, Million Pictures dan IB Perbankan Syariah dimana gala premierenya diselenggarakan di Gandaria XXI pada tanggal 25 Februari 2012.

Cast:
Donny Alamsyah sebagai Ustad Salman
Rangga Djoned sebagai Ustad Thorik
Lulu Tobing sebagai Amak
David Chalik sebagai Ayah
Ikang Fawzi sebagai Kyai Rais

Gazza Zubizareta sebagai Alif
Aris Putra sebagai Dulmajid
Billy Sandy sebagai Baso
Ernest Samudera sebagai Said
Rizki Ramdani sebagai Atang
Jiofani Lubis sebagai Raja
Andhika Pratama sebagai Fahmi

Director:
Merupakan film kelima Affandi Abdul Rachman yang mengawalinya dengan Pencarian Terakhir di tahun 2008.

W For Words:
Novel berjudul sama karangan Ahmad Fuadi ini memang telah mencatat sukses besar dengan berkali-kali dicetak ulang. Kini Salman Aristo dan Rino Sarjono bekerjasama mentransformasikan kisah persahabatan 6 remaja itu ke dalam skrip film yang akhirnya disutradarai oleh Affandi Abdul Rachman. Jujur saya belum membaca novelnya sehingga tidak memiliki ekspektasi apapun terhadap filmnya, tidak pula membandingkannya dengan Laskar Pelangi (2008) tau Semesta Mendukung (2011) meskipun ada kemiripan tema yang tidak disengaja.
Tahun 1988, Alif tamat dari SMP dan direncanakan ayahnya melanjutkan studi ke pesantren Pondok Madani di Ponorogo. Berat hati ia meninggalkan kampung halaman, orangtua sekaligus sahabatnya Randai. Rencana satu tahun melewati masa percobaan saja urung terjadi karena Alif bertemu teman-teman baru yang sangat suportif yaitu Baso dari Gowa, Atang dari Bandung, Raja dari Medan, Said dari Surabaya dan Dulmajid dari Madura. Keenam remaja itu lantas berikrar untuk mempraktekkan slogan “Man Jadda Wajada” yang diajarkan Ustad Salman untuk mengejar impian masing-masing.

Sutradara Affandi mengusung narasi cerita yang runut menyenangkan dimana keterbatasan durasi waktu samasekali tidak mengekang kebebasannya berkreasi. Kehidupan sehari-hari keenam siswa SMU itu dibentangkan secara nyata dan manusiawi mulai dari jatuh hati, merindukan orangtua, membidik mimpi, berusaha keras dsb. Komposisi musik latar dari Aghi Narottama, Bemby Gusti dan Ramondo Gascaro juga semakin memperteguh spirit Alif cs dalam mengejar cita-citanya masing-masing.
Penonton diajak untuk merasakan “nyaman” saja mengikuti babak demi babak yang disuguhkan sambil sesekali tertawa ataupun terharu. Namun jika mau dicermati, nyaris tidak ada problematika krusial yang hinggap dalam film ini untuk memunculkan riak tersendiri, seakan kita hanya disugestikan menikmati sebuah pantai tenang dengan sesekali sapuan ombak di telapak kaki. Datar meski tidak sampai membosankan. Bahkan adegan penutupnya yang mengambil setting lokasi di London pun terasa tempelan belaka tanpa korelasi sebagai pembangkit semangat yang diharapkan.

Beruntung semua aktor remajanya tampil maksimal. Alif, Baso dan Said adalah tiga karakter favorit saya dimana Gazza, Billy dan Ernest mampu mencuri perhatian dengan ekspresi dan gesture alami di setiap kemunculan mereka. Sedangkan dari jajaran aktor dewasa, saya menghargai akting Ikang Fawzi sebagai Kyai Rais yang simpatik dan Andhika Pratama yang terasa pas sebagai arek Malang alias Fahmi. Donny Alamsyah dan Rangga Djoned terlepas dari minimnya porsi tetap memegang peranan penting di bagian awal dan akhir film terlebih saat memberikan inspirasi.
Adegan favorit saya tentu saja aksi panggung anak-anak kelas 2 pesantren Pondok Madani yang memukau dan inspiratif. Layaknya slogan “Man Jadda Wajada”, Negeri 5 Menara memang tidak mengajukan konsep impian yang terlalu muluk. Semua orang bisa mencapainya asalkan bersungguh-sungguh! Komitmen dan kerja keras jelas dibutuhkan untuk meraih standar kesuksesan yang diinginkan walaupun terkadang harus melampaui limitasi diri. Satu yang tak boleh terlupakan yaitu dukungan orang lain terutama keluarga, sahabat dan orang terdekat anda lah yang membuat semua itu tidak terlihat mustahil seperti yang ditunjukkan oleh Alif cs dengan lugas kali ini. Be sure to watch it!

Durasi:
119 menit

Overall:
8 out of 10

Movie-meter:

1 komentar:

Adrian Razz mengatakan...

Bro, gw lagi bikin skripsi tentang film Negeri 5 Menara.. penelitiannya butuh narasumber dari seorang pengamat film.. gw bolhe minta tolong ga bro, untuk jadi narasumber gw sebagai pengamat film?

Ditunggu responnya ya bro.. thanks before..

email gw
adriansyah.bustami@gmail.com