XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 07 Maret 2012

A FEW BEST MEN : Black Aussie Comedy With British Taste


Quotes:
Graham: I'm not sticking my hand up anything's arse!

Nice-to-know:
Angela Bishop dinamakan Reporter Channel Ten dalam credit title film ini sesuai pekerjaan aslinya meskipun logo jaringan televisi yang tampak pada microphonenya merupakan fiktif.

Cast:
Rebel Wilson sebagai Daphne Ramme
Olivia Newton-John sebagai Barbara Ramme
Xavier Samuel sebagai David Locking
Kris Marshall sebagai Tom
Elizabeth Debicki sebagai Maureen
Kevin Bishop sebagai Graham
Laura Brent sebagai Mia Ramme
Tim Draxl sebagai Luke

Director:
Merupakan film keenam Stephan Elliott setelah terakhir Easy Virtue (2008).

W for Words:
Empat sekawan dimana ketika salah satunya menikah justru terancam dirusak oleh ketiga sahabat lainnya. Benar sekali jika anda mengatakan premis tersebut berasal dari The Hangover (2009). Namun kali ini saya berbicara mengenai sebuah produksi Australia yang (bukan) kebetulan mengambil tema serupa hasil pemikiran Dean Craig. Tentunya anda selalu punya hak sendiri untuk membandingkan keduanya, tentu setelah menyaksikannya secara utuh, bukan melalui justifikasi tanpa dasar.
David bertemu jodohnya Mia dalam liburan berkesan di New South Wales hingga memutuskan menikah. Diboyonglah ketiga sohibnya dari Inggris masing-masing Tom, Graham dan David untuk menjadi pendampingnya di hari yang dinantikan. Keluarga Mia ternyata berasal dari kalangan atas termasuk ayah ibu Mia, Jim dan Barbara yang dihormati. Karena mabuk semalam suntuk saat bachelor party, David dkk harus membereskan semua kekacauan yang mereka timbulkan sebelum terlambat.

Sutradara Stephan Elliott tampaknya masih terbuai dengan kesuksesan The Adventures of Priscilla, Queen of the Desert (1994) sehingga berupaya menghadirkan kembali serangkaian gay jokes yang cukup eksplisit terutama dari bahasa tubuh tokoh Ray yang eksentrik itu ataupun dialog-dialog yang menjurus ke arah itu. Setting lokasi Blue Mountains dan Wentworth Falls yang indah di New South Wales, Australia tergolong sempurna dalam mendukung latar belakang cerita.
Meskipun berstatus sebagai pemeran pendukung, Olivia Newton-John tampak sangat menikmati peran Barbara. Sama halnya Rebel Wilson yang sukses melontarkan humor kering sebagai Daphne yang berpura-pura lesbian tersebut. Marshall dan Bishop berulang kali menciptakan kombinasi efektif dalam mengocok perut terutama dengan kumis Hitler, “penyelamatan” narkoba serta “penyampaian” pidato wedding yang gila itu. Sebaliknya Xavier Samuel dan Laura Brent tidak memiliki porsi kebersamaan yang cukup untuk dieksploitasi, bahkan saat adegan keduanya terantuk di bandara juga dirasa tidak perlu.

A Few Best Men memang sedikit lebih terasa British meskipun ditangani oleh filmmaker Australia. Sebuah komedi hitam yang berupaya konsisten menghadirkan tawa penonton di sepanjang durasi tapi sayangnya tidak semua berhasil mencapai target. Penampilan jajaran castnya yang sesuai dengan keragaman karakternya menjadi nilai tambah tersendiri. Tidak ada salahnya untuk menikmati suguhan slapstick yang berpadu pas dengan mood pernikahan yang biasa dialami kebanyakan orang. Laugh louder if necessary and pray this would never ever happen to any of you in your big day!

Durasi:
97 menit

Australia Box Office:
$4,985,567 till Feb 2012.

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: