XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 23 Maret 2012

THE INNKEEPERS : Horrendous Building Slowly Little Scares


Quotes:
Some guests never check out.

Nice-to-know:
Diproduksi oleh Dark Sky Films dan Glass Eye Pix dimana rilis terbatas Amerika Serikatnya sudah dilakukan pada tanggal 3 Februari 2012.

Cast:
Sara Paxton sebagai Claire
Pat Healy sebagai Luke
Alison Bartlett sebagai Gayle
Jake Ryan sebagai Boy
Kelly McGillis sebagai Leanne Rease-Jones
George Riddle sebagai Old Man
Brenda Cooney sebagai Madeline O'Malley

Director:
Merupakan film kelima bagi Ti West setelah terakhir Cabin Fever 2: Spring Fever (2009).

W for Words:
Sebuah penginapan tua di daerah Connecticut tengah beroperasi di minggu terakhirnya. Claire dan Luke bergantian melayani beberapa tamu yang masih berniat untuk bermalam disana. Hadirlah kisah masa lalu di antara mereka mengenai arwah wanita pemilik Yankee Pediar tersebut yaitu Madeline O’Malley yang mati mengenaskan karena calon suaminya tidak hadir di hari pernikahan mereka. Misteri mulai merambat karena rasa penasaran dua pegawai yang tersisa tersebut.
Melihat trailer dan poster ini yang mengedepankan bangunan kuno Yankee Pediar Inn, saya mengharapkan sebuah horor bergaya tradisional yang mampu membangun tensi secara perlahan tanpa harus menggedor jantung penonton dengan serangkaian adegan sadis berdarah-darah. Sayangnya jadwal rilis yang berdekatan dengan The Woman In Black (2012) di 21 Cineplex membuat film yang diambil hak rilisnya oleh Blitzmegaplex ini akan dibandingkan bulat-bulat.

Benar sekali jika teknik untuk menakuti penonton sangatlah tipikal untuk film bergenre sejenis mulai dari pemakaian E.V.P. alias Electric Voice Phenomenon (sudah dilakukan dalam White Noise) atau web cam (Paranormal Activity) serta berbagai adegan penampakan yang mengejutkan tokoh utama. Namun semua itu tentu tak ada gunanya jika tidak didukung oleh sound department yang kuat sebagai pemicu sugesti penonton akan adanya sesuatu meskipun tidak terlihat oleh mata.
Cast yang amat terbatas memang jelas mengandalkan duet Sara Paxton dan Pat Healy yang bahu-membahu menjaga intensitas cerita dengan humor kering yang terkadang menjurus seksualitas atau tindakan bodoh yang seringkali memacu reaksi “tidak menyenangkan”, termasuk dari sudut pandang penonton yang menyaksikannya. Saya katakan mereka berhasil memaksimalkan gimmick yang demikian terbatas! Penampilan aktris lawas Kelly McGillis juga patut mendapat kredit tersendiri sebagai pembawa acara tenar kharismatik yang mampu berkomunikasi dengan arwah di sekitarnya.

Sayangnya The Innkeepers yang sudah didukung dengan atribut setting yang menyeramkan nyatanya tidak menawarkan hal baru. Pergerakan tempo nan lambat memang sedikit membosankan dimana tiga chapter yang ada (Yankee Pediar Inn, Madeline O’Malley dan The Final Guest) harus diakhiri dengan Epilog yang ambigu dan menyisakan banyak pertanyaan di benak penonton. Walaupun begitu derit pintu, koridor lengang, basement gelap, denting piano berhasil dimaksimalkan untuk membangun suspensi misteri yang diharapkan di sepanjang film dan sesekali sukses membuat anda meraba tengkuk!

Durasi:
100 menit

U.S. Box Office:
$75,172 till Feb 2012

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: