XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Senin, 19 Maret 2012

POINT BLANK : Blank Action Made That Point


Tagline:
A desperate man is a dangerous thing.

Nice-to-know:
Film yang berjudul asli À bout portant ini sudah rilis di Perancis pada tanggal 1 Desember 2010.

Cast:
Gilles Lellouche sebagai Samuel Pierret
Roschdy Zem sebagai Hugo Sartet
Gérard Lanvin sebagai Commandant Patrick Werner
Elena Anaya sebagai Nadia Pierret
Mireille Perrier sebagai Commandant Fabre

Director:
Merupakan film kedua bagi Fred Cavayé setelah Anything For Her (2008).

W for Words:
Masih ingat karya Fred Cavaye sebelum ini? Film Perancis, Anything For Her (2008) mungkin tidak banyak ditonton orang tetapi remake Hollywood nya yakni The Next Three Days (2010) yang dibintangi Russell Crowe dan Elizabeth Banks? Sebagian dari anda pasti pernah menyaksikannya. Kini Cavaye bersama dengan Guillaume Lemans menggarap skenario sebuah action thriller yang amat mencekam sejak gebrakan menit pertama hingga penghabisannya yang turut membuat anda menahan nafas akan kemungkinan sekuelnya walau mungkin sedikit terganggu dengan proses sulih suara ke bahasa Inggris!

Perawat bernama Samuel Pierret baru saja menyelamatkan pria korban tabrak Hugo Sartet yang tengah diincar beberapa pembunuh bayaran yang ditugaskan menghabisi nyawanya. Samuel dipaksa membawa keluar Hugo atau keselamatan istrinya yang tengah mengandung Nadia terancam. Inspektur Wener dan Fabre yang ditugaskan menangani kasus ini menjadikan Samuel buronan. Terjebak dalam lalu lintas baik dan jahat, Samuel harus berupaya semaksimal mungkin untuk menyelamatkan apa yang menjadi taruhannya sejak awal.
Sutradara Cavaye kelihatan memahami konsep action dinamis dalam sebuah kecepatan yang konstan dalam setiap menitnya. Penonton terasa dituntut untuk ikut berlari marathon bersama tokoh Samuel Pierret di sepanjang filmnya. Beragam twist liar dilemparkan disini demi menjaga tensinya tetap tinggi walaupun terkadang anda dibuat bingung karenanya selain berusaha mengikuti gerak-gerik sang protagonis yang sebetulnya hanyalah manusia biasa dengan rasa kemanusiaan yang tinggi.

Gilles Lellouche tampil meyakinkan sebagai Samuel selayaknya tokoh-tokoh protagonis dalam kisah rekaan Alfred Hitchcock. Sama halnya Roschdy Zem yang juga mengembangkan karakter Hugo dengan efektif. Nyaris tidak ada plot baru sebetulnya dalam film ini selain proses modernisasi yang ditunjang oleh sederetan aksi yang dipaksakan mendobrak pikiran anda yang mencoba untuk menganalisa barang sejenak. Klimaks terjadi di markas polisi dimana kekacauan akan batasan penegak hukum dan criminal terasa setipis kertas.
Penggunaan judul film ini memang terkesan tidak tepat karena tidak menggambarkan keseluruhan isinya. Namun tidak dipungkiri, Point Blank memang dikendalikan penuh oleh Lellouche yang dipaksa terus merangsak maju hingga melampaui limit diri yang dimilikinya. Mungkin anda teringat akan Jack Bauer dalam serial populer “24”? I call this blank action (without CGI) with brutal fight scenes or chases along the way where no one seems care who’s going to murdered as long as they are not Samuel or Nadia! Cavaye definitely made his point for doing this intentionally.

Durasi:
84 menit

U.S. Box Office:.
$661,720 till Oct 2011

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: