XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 29 Februari 2012

FRENEMY : Crapy Storytelling Ideocrazy Buddies


Quotes:
Norma: Gee, if you're not Stephanie Sinclair, and I'm not Stephanie Sinclair, and this is Stephanie Sinclair's apartment, then what the fuck are we all doing here?

Nice-to-know:
Lebih dikenal dengan judul Little Fish, Strange Pound dimana bujetnya hanya menghabiskan kurang dari 500 ribu dollar Amerika.

Cast:
Matthew Modine sebagai Mr. Jack
Callum Blue sebagai Sweet Stephen
Paul Adelstein sebagai Philly
Adam Baldwin sebagai Tommy
Zach Galifianakis sebagai Bucky

Director:
George Dark terakhir kali menangani horor thriller See No Evil di tahun 2006.

W for Words:
Keputusan filmmakers menjual tampang dan nama Zach Galifianakis untuk film ini memang cerdas karena yang bersangkutan tengah naik daun paska kesuksesan The Hangover (2009) dan judul-judul lainnya. Namun jika pada akhirnya dicaci maki penonton karena kampanye marketing yang salah lantas kesalahan patut ditimpakan kepada siapa? Saya pribadi memang menyaksikannya karena berharap satu suguhan komedi hitam yang berbeda di samping faktor adanya aktor lawas Matthew Modine disana.
Dua sahabat lama, Mr. Jack dan Sweet Stephen menelusuri jalanan Los Angeles sambil bertukar pikiran mengenai kehidupan, kematian dan area abu-abu diantaranya. Mereka beranggapan bahwa keteguhan hati bisa membuat apapun terjadi di luar permainan nasib itu sendiri. Pembicaraan yang semakin memanas membuat penuturan mereka semakin absurd dan gelap hingga mungkin melampaui batas penerimaan akal sehat.

Sejak detik pertama sampai terakhir, anda akan dibuat bingung oleh ambiguitas yang tidak terjawab ataupun pernah terpikirkan sebelumnya. Saya tidak menemukan korelasi perampokan toko video porno milik Bucky yang berakhir tragis hingga berujung pada siaran langsung “kids that kill” yang tiba-tiba menempatkan Mr. Jack dan Sweet Stephen sebagai subyek. Tanpa lupa menyebut adegan dimana keduanya berjalan melintasi sepasang gelandangan yang bertengkar hanya karena manipulasi dadu.
Baik Modine, Blue, Galifianakis dan seantero pemeran dalam film ini jelas sudah melakukan kesalahan terbesar dengan mengikuti casting apalagi setuju untuk membintanginya. Entah apa yang ada di pikiran Robert Dean Klein saat menulis skripnya. Kombinasi aneh sebuah komedi hitam yang dicampur adukkan dengan kekerasan berdarah ala thriller murahan sekaligus dilengkapi filosofi hidup dan mati? Gaya penyutradaraan Gregory Dark pun sama membingungkannya karena tidak ada pemisah antara mimpi dan kenyataan.

Little Fish, Strange Pond a.k.a Frenemy pun sukses menempati urutan teratas film terburuk tahun 2012 yang baru akan mengakhiri kuartal pertamanya ini. Sesungguhnya saya dapat menarik benang merah dari penuturan panjang Mr. Jack dan Sweet Stephen yang samasekali tidak simpatik itu selepas credit title bergulir. Namun rasanya tidak ada seorangpun yang akan membenarkan kesimpulan tersebut, memikirkannya saja tidak selain menyesali keputusan bahwa mereka telah membuang waktu yang amat berharga dalam hidup hanya dengan memasukkan keping DVD film ini ke dalam player anda!

Durasi:
80 menit

Overall:
6 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: