XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 03 Maret 2012

SAFE HOUSE : Running Away With Intensity


Quotes:
Matt Weston: How am I supposed to get more experience by staring at four walls all day?

Nice-to-know:
Awalnya lokasi syuting direncanakan berlangsung di Rio de Janeiro tetapi rumah produksi membatalkannya dengan alasan keamanan.

Cast:
Denzel Washington sebagai Tobin Frost
Ryan Reynolds sebagai Matt Weston
Vera Farmiga sebagai Catherine Linklater
Brendan Gleeson sebagai David Barlow
Sam Shepard sebagai Harlan Whitford

Director:
Merupakan feature film ketiga bagi Daniel Espinosa setelah terakhir Outside Love (2007).

W for Words:
Denzel Washington merupakan satu dari sangat sedikitnya aktor kulit hitam terfavorit saya sepanjang masa dan menyaksikannya bersanding dengan idola masa kini Ryan Reynolds dalam sebuah action crime mystery membuat ekspektasi dan rasa penasaran semakin membuncah. Penulis naskah David Guggenheim dengan pintar memanfaatkan fasilitas rumah perlindungan sebagai sentralisasi cerita yang berkembang penuh intrik dan aksi tak terduga.
Tobin Frost merupakan pengkhianat legendaris yang ditangkap untuk menjalani proses interogasi mengenai berkas rahasia yang ia sembunyikan. Petugas CIA, Matt Weston yang ditugaskan menjaga rumah perlindungan di Johannesburg selama 12 bulan terakhir terpilih untuk mengawal Frost. Tak diduga, segerombolan penyusup bersenjata mengancam nyawa Tobin dan juga Matt yang harus melarikan diri dengan segala upayanya demi mempertahankan fakta yang rupanya jauh lebih berharga daripada nyawa.

Besar kemungkinan sutradara Daniel Espinosa terinspirasi oleh trilogy The Bourne Identity yang berkembang di tangan Paul Greengrass. Itu sebabnya kinerja kamera yang menangkap serentetan adegan aksi secara close up disajikan dengan senyata mungkin walaupun tak jarang “shaky” terlebih saat pengejaran ala cat and mouse. Richard Pearson juga memaksimalkan hasil editingnya untuk dapat memberikan penonton rasa mencekam dari apa yang mereka lihat dan dengar di saat yang bersamaan.
Apa yang dilakukan Denzel disini tak jauh berbeda dengan apa yang sudah anda lihat dalam Training Day ataupun Unstoppable dimana ia bertindak sebagai mentor atas rekan yang lebih muda. Perbedaannya adalah Washington dan Reynolds berhasil menguatkan posisi satu sama lain dengan penjiwaan yang teramat personal dan believeable. Baik Tobin maupun Matt tidak mengesankan superioritas yang mereka miliki sebagai agen CIA terlatih melainkan kemungkinan paling manusiawi untuk bertahan hidup dari situasi yang berbahaya sekalipun.

Di luar faktor rumah pengamanan yang dimanfaatkan secara maksimal sebagai setting lokasi, plot ceritanya sendiri masih menawarkan hal-hal klise yang mudah ditebak seiring dengan berjalannya durasi. Keistimewaannya terletak pada pengaturan tempo yang terasa tepat dalam membentuk sisi emosional yang diinginkan filmmakers atau penonton. Sekuens aksinya yang intens dijamin mengundang decak kagum para pecinta genre ini tanpa lupa menyebutkan berbagai twist and turns yang sebetulnya tidak terlalu mengejutkan lagi. Safe House is definitely a safe bet to fulfill your thirst for such mindless two hours entertainment!

Durasi:
115 menit

U.S. Box Office:
$81,812,440 till Feb 2012.

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

1 komentar:

FANBOY mengatakan...

Wow, hampir dua jam... Hmmm, tetep, Ryan Reynolds ada disitu... Tapi yg ini pasti bagus nggak kaya Green Lantern...

:)