XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 16 Maret 2012

MATA TERTUTUP : Fakta Membutakan Keterbukaan Hati


Quotes:
Asimah: Apa? Ada kemungkinan Aini masuk NII. Apa itu NII?

Nice-to-know:
Diproduksi oleh SET Film dan Maarif Production dimana gala premierenya diadakan di Blitzmegaplex Grand Indonesia pada tanggal 27 Oktober 2011 yang lalu.

Cast:
Jajang C Noer sebagai Asimah
M Dinu Imansyah sebagai Jabir
Eka Nusa Pertiwi sebagai Rima
Kukuh Riadi sebagai Husni
Andryani Isna sebagai Aini
Rijal Maj
Yoga Bagus Satatagama

Director:
Merupakan film ke-12 bagi Garin Nugroho setelah terakhir Generasi Biru (2009) yang dibintangi oleh Slank itu.

W For Words:
Garin Nugroho. Ah sebuah nama yang telah menjadi bagian dari tonggak sejarah perfilman Indonesia sejak tahun 1990an dimana karya-karya selalu bersifat off-mainstream dengan pendekatan yang tidak biasa sekaligus estetika yang unik. Kali ini ia mengerjakan sebuah proyek yang lebih “bersahabat” dengan penonton mengenai bertumbuhnya gerakan Islam radikal berdasarkan kejadian nyata yang terjadi di tengah masyarakat. Tentunya inisiatif Institusi Maarif yang diprakarsai oleh tokoh intelek Ahmad Safii Maarif patut diberikan apresiasi tinggi.
Asimah nyaris putus asa mencari putrinya Aini yang kerapkali berselisih paham dengannya paska perceraian. Nyatanya Aini diculik oleh kelompok Islam Fundamentalis yang dianggap bisa menjadi jalan keluarnya. Disana Aini berjumpa Rima yang tengah mencari jati dirinya dalam perkumpulan sekaligus menjawab tantangan yang tidak pernah dialaminya. Sedangkan Jabir yang berkutat dengan perekonomian lemah keluarganya mempertimbangkan tawaran menjadi pelaku bom bunuh diri meskipun sobat karibnya Husni selalu setia menghibur di sampingnya.

Garin tidak berupaya menyuguhkan narasi yang kompleks. mengalir linier melalui presentasi “tenang” akan serangkaian pengetahuan tentang NII itu sendiri sehingga mudah dicerna dalam tempo yang terukur, lengkap dengan lantunan scoring music penggugah rasa dari komposer ternama Dwiki Darmawan. Saya tidak merasa isu yang sebetulnya sensitif ini menjadi “thought-provoking” karena kenyataannya memang banyak gerakan masyarakat yang mengatasnamakan agama untuk pembenaran tindakan ekstrimnya.
Satu-satunya nama dalam jajaran cast yang anda kenal adalah Jajang C. Noer yang kembali menunjukkan kelasnya sebagai aktris senior papan atas Indonesia. Anda akan menangkap naluri seorang ibu yang mengkhawatirkan anaknya sedemikian rupa hingga melakukan semua cara yang terpikirkan olehnya. Selebihnya adalah para pendatang baru yang patut mendapat kredibilitas sendiri akan penokohan wajar karakter-karakter yang mungkin anda jumpai dalam kehidupan nyata sehari-harinya. Kukuh Riyadi yang bermain sebagai Husni memperlihatkan akting komikal dengan sederetan gaya bahasa dan nyanyian yang kocak, salah satunya adalah chorus dari “Jangan Menyerah” nya d’Masiv.

Melalui rumah produksinya sendiri, misi Ahmad Safii Maarif amatlah sederhana yaitu mengajak generasi muda untuk dapat bersikap lebih kritis cerdas saat kepalanya didoktrinasi oleh ajaran-ajaran sesat yang menarik mereka masuk ke dalam “garis keras” bermuatan politik radikal yang dapat mengarah ke bidang-bidang lainnya. Kepercayaannya pada Garin dibayar lunas karena Mata Tertutup terbukti menyajikan dramatisasi kehidupan yang tidak selamanya hitam dan putih itu. Simbolisasi judul yang mengajak anda untuk membuka mata anda akan keadaan sekeliling yang tak jarang malah membutakan anda.

Durasi:
102 menit

Overall:
8 out of 10

Movie-meter:

Tidak ada komentar: