XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 04 Mei 2011

GO FAST : Penyamaran Balas Dendam Pengedar Narkoba

Storyline:
Petugas polisi criminal, Marek berusaha membalaskan dendam rekan sekaligus sahabat karibnya yang terbunuh di tangan geng pengedar narkoba. Cara yang ditempuh adalah dengan menyamar sebagai salah seorang anggota geng bernama Slimane. Perjalanan narkoba tersebut bermula dari Morocco sampai berlabuh di Perancis dengan metode “Go Fast" dengan speedboat dan angkutan darat super cepat. Kini Kepolisian Perancis harus bekerjasama untuk menjebak geng tersebut yang sudah merugikan banyak pihak termasuk korban nyawa.

Nice-to-know:
Berjudul asli Au Coeur du trafic, film ini diproduksi oleh Avalanche Productions dan Europa Corp.

Cast:
Pernah memenangkan gelar Aktor Terbaik dalam Festival Film Cannes 2006 lewat Indigènes (2006), Roschdy Zem bermain sebagai Marek / Slimane

Olivier Gourmet sebagai Jean-Do Paoli
Jocelyn Lagarrigue
sebagai Sylvain

Julie Durand
sebagai Nadia

Mourade Zeguendi
sebagai Luigi

Director:
Merupakan film kedua bagi Olivier Van Hoofstadt setelah Dikkenek (2006).

Comment:
Sesuai judul dan penampakannya, seharusnya film yang satu ini mampu memenuhi ekspektasi setiap orang akan sebuah film action Perancis yang klasik dan memacu adrenalin. Nyatanya kinerja sutradara Van Hoofstadt terlalu datar dan tidak menawarkan sesuatu yang baru samasekali. Belum lagi cara kamera mensyut adegan demi adegan yang menurut saya terlalu monoton dimana sekuensnya banyak menghasilkan scene yang tidak terlalu penting bagi penonton.

Plotnya sederhana mengenai seorang polisi yang sedang dalam penyamaran demi membalaskan dendam rekannya yang tewas di tangan bandar narkoba. Yang menarik mungkin hanyalah metode penyelundupan narkoba yang disampaikan dengan detail dari Morroco ke Spanyol hingga ke Perancis menggunakan sarana transportasi yang super cepat. Tugas polisi untuk menghentikannya menjadi sulit jika tidak dibekali dengan siasat yang baik.

Rasanya tidak bijaksana menyalahkan semua aktor-aktris yang bermain disini dikarenakan karakterisasi mereka dalam skrip juga tergolong satu dimensi. Hal ini menyebabkan penyampaian emosi nyaris tidak ada, bagaimana sebuah kejadian menimpa salah satu tokoh tapi tidak berdampak apapun selanjutnya. Zem jelas bukan aktor yang buruk tapi kiprahnya sebagai Marek / Slimane tidak mampu menggiring penonton untuk telaten mengikuti segala aksinya. Percayalah.

Go Fast juga terkesan mengakhiri kisahnya dengan kelewat idealis. Kesatuan polisi disini bekerja terlalu cermat, akurat dan dilengkapi dengan strategi yang teramat matang. Coba bandingkan dengan kenyataannya! Jika harus ada pemangkasan di setengah durasinya hingga menjadi sebuah episode film televisi, rasanya film ini jauh lebih menyenangkan untuk ditonton dengan segala turun naik tensi dan kekliseannya.


Durasi:
85 menit

U.S. Box Office:
$5,205,343 till Sept 2009

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:


Tidak ada komentar: