XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 11 Mei 2011

INFESTATION : Serbuan Alien Serangga Raksasa

Tagline:
You will be infected.

Storyline:
Cooper yang tidak bahagia dengan pekerjaannya memilih untuk mengganggu rekan-rekannya di kantor hingga membuatnya dipanggil atasannya, Maureen. Sekelebat cahaya tiba-tiba membuat mereka semua pingsan. Saat terbangun, Cooper menyadari dirinya terbungkus benang layaknya kepompong. Iapun membangunkan beberapa orang di sekitarnya sebelum menyadari dunianya telah berubah drastic. Sekelompok alien berwujud serangga raksasa pun sedang menciptakan dunia baru untuk menyempurnakan populasi mereka. Berhasilkah Cooper dkk selamat sekaligus menjadi pahlawan kesiangan bagi umat manusia?

Nice-to-know:
Diproduksi oleh Heavy Duty Entertainment dan Icon Productions

Cast:
Sempat mendukung Fanboys (2008) sebelum ini, Chris Marquette berperan sebagai Cooper
Brooke Nevin sebagai Sara
Kinsey Packard sebagai Cindy
E. Quincy Sloan sebagai Hugo
Wesley Thompson sebagai Albert
Ray Wise sebagai Ethan

Director:
Merupakan film panjang kedua bagi Kyle Rankin setelah The Battle of Shaker Heights (2003).

Comment:
Di medio awal tahun 200an sempat muncul beberapa film yang mengatas namakan serangga sebut saja Arachnid (2001) dan Eight-Legged Freaks (2002). Satu produksi independen bernuansa serius sedangkan yang lain produksi studio besar Hollywood bernuansa komedi. Nyaris satu dekade kemudian muncullah film ini dengan tema serupa, tentunya sudah dibekali dengan tema survival masa kini sehingga cukup menyegarkan.
Sutradara Rankin menggunakan formula sederhana yaitu from zero to hero terlihat dari berbagai karakter yang ia sodorkan berikut polah tingkahnya. Sedangkan dari sisi teknis, sinematografinya terasa sesuai dengan mood film yang ingin diketengahkan yaitu sedikit bias. Bujet rendah yang digunakan disini berhasil dimaksimalkan dengan baik lewat kinerja tata rias maupun spesial efek sederhana yang tergolong menarik.
Nyaris tidak ada nama terkenal yang mengisi jajaran castnya dimana fakta ini justru membantu penonton untuk lebih lepas dalam mengikuti kiprah para tokohnya satu-persatu. Yang mungkin sudah pernah diketahui sebelumnya adalah Marquette yang memerankan Cooper dengan sangat natural. Kita akan bersimpati pada keluguannya yang masih mencari jatidiri dan juga kekerasan hatinya dalam membuktikan eksistensinya sendiri di mata orang-orang terutama ayahnya yang pensiunan militer dan ambisius. Dimainkan oleh Wise dengan cukup kharismatik.
Prolog film berhasil dibuka dengan menarik. Sayangnya kemudian terjadi penurunan tensi dimana keklisean film-film kelas B kembali dihadirkan disini. Meski demikian konsep aksi dan humor yang berjalan seimbang rasanya mampu menjaga minat penonton untuk terus mengikuti hingga akhir tanpa perlu banyak berpikir.
Infestation dikemas sebagai sebuah tontonan ringan yang berkualitas standar, tidak luar biasa tapi juga tidak buruk. Berbagai jenis serangga dari berbagai ukuran hasil kinerja CGI jelas akan memuaskan keingintahuan anda sejak menit pertama hingga terakhir tanpa terasa ada yang ditutup-tutupi. Mudah-mudahan “penampakan” tersebut tidak sampai membuat anda bergidik apalagi membayangkan situasi serupa terjadi di kehidupan anda sendiri. Let them (or us) save the world!

Durasi:
85 menit

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:

Tidak ada komentar: