XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 06 Mei 2011

INCONTROLABLE : Derita Kehilangan Kendali Tubuh

Original title:
Son corps se rebelle!

Storyline:
Penulis skenario Georges memang bernasib buruk. Penampilan fisiknya yang kurang menarik juga membuatnya tidak disukai sahabat dan rekan-rekannya, terkecuali Marion yang diam-diam memperhatikannya. Kesialan demi kesialan yang dialami Georges diakhiri dengan sengatan listrik akibat kabel yang membelit di tepi jalan pada suatu malam. Keesokan harinya, Georges mendapati alter ego lain bernama Rex yang mengendalikan tubuhnya sendiri! Kini ia harus berjuang untuk memperbaiki hidupnya sendiri termasuk memenangkan hati Marion di depan keluarganya walaupun harus jatuh bangun.

Nice-to-know:
Mengacu banyaknya kritik yang diterima film ini, Michael Youn sempat menerbitkan surat tanggapan bernada kurang enak di website resminya sebelum akhirnya dihapus. Namun sayangnya isinya sudah tersiar kemana-mana.

Cast:
Sebelumnya mendukung Iznogoud (2005), Michaël Youn bermain sebagai Georges Pal
Hélène de Fougerolles sebagai Marion
Hippolyte Girardot sebagai Roger
Thierry Lhermitte sebagai Denis
Patrick Timsit sebagai Marc

Director:
Merupakan feature film pertama bagi Raffy Shart setelah lebih banyak menjadi penulis dan aktor.

Comment:

Sebelum menyaksikan film ini, rating system sebuah movieweb terpercaya di internet telah memperingatkan saya akan buruknya tontonan yang akan dicerna. Namun saya memutuskan untuk tetap menontonnya dan bersikap netral. Malang memang karena rating nyaris tidak dapat dibohongi. Komedi selama nyaris satu setengah jam ini “menyiksa” para penontonnya terus menerus dari awal sampai akhir dari berbagai sisi yang dimilikinya.
Sebenarnya plot dibuka dengan cukup menjanjikan dimana karakter Goerges seakan diberikan “kesempatan kedua” untuk menata hidupnya dari suatu “musibah” tak terduga yang dialaminya di suatu malam. Nyatanya hal itu tidak terjadi, skrip yang ditulis Raffy Shart ini malah dibiarkan terperosok semakin dalam dan dalam, seakan tidak ada jalan untuk kembali yang dapat menyelamatkan kualitas film ini, tanpa terkecuali endingnya yang aneh itu.
Sebetulnya Youn bukanlah komedian Perancis yang buruk. Perannya disini seakan mengingatkan kita pada tingkah laku Jim Carrey yang ajaib dan berlebihan itu. Dan ia tergolong cukup berhasil memainkan ekspresi dan bahasa tubuhnya sedemikian rupa untuk menyesuaikan kondisi “lepas kendali”nya tersebut. Memang sebagian dibantu properti palsu ataupun tali-tali kasat mata untuk menipu penglihatan audiens. Sah-sah saja!
Di luar karakter Goerges juga tidak membantu samasekali. Helene sebagai leading actress Marion memang terlihat menarik di depan kamera tapi sulit untuk menerka naik-turun perasaannya terhadap Georges. Lhermitte sebagai Denis memang terlihat sebagai ayah yang keras dan otoriter tapi apa yang dilakukannya tersebut nyaris tidak berarti apa-apa terhadap tokoh-tokoh sentral lainnya. Belum lagi karakter Grandma yang sangat komikal nan mengganggu itu.
Entah motivasi apa yang ada dalam pikiran penulis-sutradara Shart dalam menangani komedi yang terlalu slapstick ini. Incontrolable benar-benar sebuah bencana yang akan membuat pikiran anda sejenak kehilangan kontrol kewarasannya dengan kebodohan-kebodohan yang tidak berujung. Pada akhirnya rasa bingung, jijik dan sia-sia sudah membuang waktu akan mengiringi langkah gontai anda meninggalkan gedung bioskop.

Durasi:
85 menit

Overall:
6 out of 10

Movie-meter:

Tidak ada komentar: