XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 22 Mei 2011

SEVERANCE : Outing Eksekutif Kantor Bertahan Hidup

Quotes:
Richard: I can't spell success without "u". And you, and you, and you...

Harris: There's only one "u" in success.

Storyline:
Perusahaan senjata multinasional Palisade Defence menghadiahi Divisi Sales nya dengan team-building outing di akhir pekan. Masing-masing Richard, Jill, Harris, Gordon, Steve, Maggie, Billy yang mendapati tempat mereka bernaung hanyalah pondok tua nan sederhana setelah ditinggal sopir bus yang merajuk. Konflik mulai terjadi saat kaki Gordon putus karena jerat binatang. Saat malam datang, mereka mendapati bahwa ada segerombolan pembunuh yang terobsesi akibat kegilaan perang mengintai nyawa mereka satu-persatu. Berhasilkah mereka lolos dari lokasi yang sudah seperti taman bermain tersebut?

Nice-to-know:
Proses casting berlangsung selama 4 bulan karena sutradara Christopher Smith menginginkan orang-orang yang tepat untuk ambil bagian disini.

Cast:
Angkat nama lewat serial tenar 24 (2002-2003), Laura Harris bermain sebagai Maggie
Danny Dyer sebagai Steve
Toby Stephens sebagai Harris
Claudie Blakley sebagai Jill
Andy Nyman sebagai Gordon
Babou Ceesay sebagai Billy
Tim McInnerny sebagai Richard

Director:
Merupakan feature film kedua bagi Christopher Smith setelah Creep (2004).

Comment:
Jarang sekali sebuah thriller comedy Inggris dibuat apalagi sampai mampu mencuri perhatian selayaknya film ini. Duet penulis James Moran dan Christopher Smith mampu mengembangkan sebuah plot sederhana yang dikemas dengan menarik. Jika klisenya sekumpulan muda-mudi yang terdampar di suatu tempat asing untuk kemudian dihabisi satu-persatu, maka kali ini diganti dengan sekelompok eksekutif perusahaan yang harus bertahan hidup saat dikirim untuk pelatihan kekompakan tim.
Jangan berharap untuk menemukan muka-muka cantik ataupun tampan disini karena yang ada hanyalah dua wanita berkarakter serius serta beberapa pria berusia 30-40 tahunan berpenampilan tidak menarik samasekali. Tipikal orang-orang corporate yang bermuka dua dan sulit ditebak pemikirannya. Itulah sebabnya sulit untuk menarik simpati penonton yang mungkin tidak akan keberatan jika kematian mulai menghampiri para tokoh tersebut dengan cara-cara yang tidak biasa.
Tiga nama yang paling mencuat disini adalah Dyer, Harris dan Nyman. Dyer yang menyebalkan di awal karena karakternya Steve adalah pecandu yang tidak pernah serius tapi berubah di pertengahan film. Harris cukup memikat sebagai wanita paling cantik disini dan Maggie juga tangguh dalam menghadapi situasi apapun. Begitu pula Nyman yang kekanak-kanakan dan tidak bertanggungjawab harus ditempatkan pada kesialan yang tidak menyenangkan di awal cerita.
Sutradara Smith berhasil memadukan unsur komedi dan horor sekaligus. Segala bentuk lelucon corporate yang sinis tak jarang memancing tawa terutama dari sang bos Tim McInnerny yang kaku itu. Sedangkan adegan sadis dan miris juga berkali-kali membuat audiens muak dan jijik. Tim spesial efek mampu menyajikan hal tersebut dengan real apalagi dibantu dengan kinerja kamera yang sepintas terasa mengganggu tapi herannya terasa tepat sasaran.
Lupakan bagian opening yang memang lambat itu karena semakin dalam anda menyimak plot ceritanya maka akan menemukan hiburan yang berbeda dari biasanya. Severance terbukti konsisten dengan konsep old-style nya di tengah-tengah hutan belantara yang menjadi panggung sempurna tersebut. Film yang juga menggunakan dwi bahasa ini memang diperuntukkan khusus bagi pecinta genre sejenis. Bagi anda di luar kelompok terkait, bisa jadi tidak menemukan sesuatu yang spesial disini.

Durasi:
95 menit

U.S. Box Office:
$136,432 till Jun 2007

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:

Tidak ada komentar: