XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 08 Mei 2011

KUNGFU KID : Misi Jago Kungfu Cilik Sempurnakan Ilmu

Original title:
Kanfû-kun

Storyline:
Di usianya yang baru 7 tahun, Kungfu telah menuntaskan 35 tingkatan beladiri Shaolin. Tugas terakhirnya didapat dari Master yang segera mengirimnya ke Jepang dengan sebuah gelang. Jika gelangnya berbunyi maka menandakan ia dekat dengan musuh terbesarnya. Dan gelang tersebut juga akan mencegahnya menggunakan beladiri semena-mena. Di Jepang, Kungfu diadopsi oleh seorang wanita pemilik restoran Chinese yang cekatan dan memiliki cucu perempuan bernama Reiko. Di sisi lain, pemilik perusahaan “Black Game” bertekad menjadikan seantero warga cilik Jepang menjadi bodoh dengan pengaruhnya. Kini Kungfu pun tahu ia harus berhadapan dengan siapa!

Nice-to-know:
Film yang dirilis di Jepang pada tanggal 29 Maret 2007 ini diproduksi secara keroyokan oleh Area Japan, Kadokawa Pictures, NICE Day, Plusmic CFP dan Sedic International.

Cast:
Zhuang Zhang sebagai Kungfu
Mari Yaguchi sebagai Sayuri
Nanami Fujimoto sebagai Reiko
Arata Furuta sebagai CM Tarento
Sô Hirosawa sebagai Ibu Reiko
Masatô Ibu sebagai Reiko no Ojîchan

Director:
Merupakan karya kedua Issei Oda setelah Arch Angels (2006) yang sebetulnya lebih banyak bermain di departemen visual efek.

Comment:
Rasanya di tahun 1980an sudah banyak sekali film anak-anak bertemakan sejenis, sebut saja The Karate Kid (1984) yang kemudian diremake kembali seperempat abad kemudian. Kini pada medio tahun 2000an, Jepang berusaha membuat versinya sendiri dengan beberapa perubahan yang diharapkan fresh dan lebih sesuai dengan perkembangan jaman. Benarkah begitu? Anda boleh berpendapat sendiri.
Plot ceritanya sendiri terbilang sederhana dan sangat ramah untuk dikonsumsi seantero keluarga dari berbagai tingkatan umur. Logikanya teramat mudah dicerna sehingga anda hanya perlu duduk santai tanpa perlu banyak berpikir menemani putra-putri anda menyaksikannya. Adegan pertarungannya juga dikemas tanpa menonjolkan kekerasan yang nyata. Bukankah sulit menemui film serupa di masa yang serba canggih ini?
Sutradara Oda menyajikan semuanya dengan runut disertai beberapa flashback untuk memberikan penjelasan latar belakang. Memang sinematografi dan editing yang dihasilkan masih mengesankan serial televisi jaman dahulu, sebut saja Ksatria Baja Hitam tapi tidak terlalu mengganggu. Kemampuannya di bidang visual efek juga sangat membantu karena berbagai scene disini menuntut hal itu termasuk hal-hal simpel seperti slow motion gerakan Kungfu hingga yang cukup kompleks selayaknya lontaran bola api, sinar tenaga dalam, dsb.
Aspek komedi disini juga kadarnya terasa pas dimana dominan sekali kelucuan dari sudut pandang kanak-kanak. Terkadang saya merasa “eksploitasi” terhadap sosok Kungfu terasa berlebihan dimana ia diperlakukan seperti bayi. Beruntung Zhuang masih dapat menampilkan mimik wajah polos dan kemampuan beladiri yang meyakinkan sehingga figurnya dapat diidolakan segenap audiens.
Kungfu Kid memang tidak menawarkan suatu konsep yang baru apalagi luar biasa secara tampilan. Namun semuanya dikemas dalam sebuah hiburan yang gampang dinikmati dengan asupan pesan moral disana-sini. Satu semboyan pasti yang didengungkan sejak lawas juga muncul kembali disini yaitu “Kebaikan akan selalu unggul dari kejahatan.”

Durasi:
95 menit

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:

Tidak ada komentar: