XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 15 April 2011

LA CHANCE DE MA VIE : Kesempatan Kedua Keberuntungan Cinta

Tagline:
Ce mec est une catastrophe ou... (This guy is a disaster or...)

Storyline:
Julien Monnier adalah seorang penasehat pasangan yang cerdas sekaligus sukses. Hal ini dimulainya sejak usia 8 tahun dimana ia mendamaikan ayah dan ibunya sendiri. Namun satu yang tidak banyak orang ketahui, wanita yang dikencaninya selalu mengalami nasib buruk! Itulah sebabnya Julien tidak pernah percaya pada hubungan spesial jangka panjang terhadap lawan jenis. Semua seakan berubah saat ia bertemu Joanna yang cantik dan pandai. Keduanya saling tertarik satu sama lain dan memutuskan berkencan secara intens. Apakah hal tersebut akan berlangsung lama atau Joanna seperti wanita-wanita lain akan meninggalkan Julien setelah serangkaian peristiwa buruk yang dialaminya?

Nice-to-know:
Film ini dirilis secara internasional pada tahun 2011. Namun sudah diputar duluan di beberapa festival pada akhir tahun 2010 yang lalu. Saat itu dapat dianggap sains fiksi karena beberapa scene mengambil waktu tahun 2011.

Cast:
Virginie Efira sebagai Joanna Sorini
François-Xavier Demaison sebagai Julien Monnier
Armelle Deutsch sebagai Sophie
Raphaël Personnaz sebagai Martin Dupont
Thomas N'Gijol sebagai Vincent
Brigitte Roüan sebagai Lydie
Yves Jacques sebagai Maxime Dupont

Director:
Nicolas Cuche sebelumnya lebih banyak menangani serial televisi di Perancis.

Comment:
Premis film ini harus diakui tidak terlalu original. Pada saat menyaksikan prolognya, saya langsung teringat berbagai judul film sebagai referensinya. Sebut saja salah satunya adalah Good Luck Chuck (2007) yang juga banyak menampilkan kesialan demi kesialan yang menimpa tokoh utamanya. Namun bukan sineas Perancis jika tidak bisa membawakan dengan gayanya tersendiri.
Efira dan Demaison memperlihatkan koneksi yang sangat menarik disini. Pertemuan dan pengembangan hubungan di antara mereka terjalin secara wajar seakan kita dapat merasakan keduanya benar-benar saling tertarik satu sama lain. Ada satu scene sulit yang dilakukan Efira yaitu pada saat berusaha menyelamatkan lembaran kertas design mobilnya di tengah kolam dan ia melakukannya dengan sempurna. Sedangkan Demaison memperlihatkan karisma sendiri sebagai konselor pasangan yang bermasalah walau pada akhirnya kepercayaan dirinya runtuh.








Sutradara Cuche mengakui beberapa kejadian yang terjadi dalam film ini memang terinspirasi dari kejadian nyata seperti saat Joanna tersesat akibat ulah supir taksi asing yang tidak mahir menggunakan GPS, atau ketika Julien menabrakkan mobilnya tanpa sengaja hingga dipersalahkan. Eksekusi yang dilakukannya terbilang dekat dengan kehidupan nyata yang mungkin saja kita alami.
La Chance de ma Vie saya katakana memang memberikan citarasa yang lezat untuk ukuran sebuah komedi romantik. Semua bumbu dirasa pas untuk membawa penonton antusias mengikuti perjalanan sepasang kekasih yang banyak menemui hambatan tersebut. Bukankah pada akhirnya semua tergantung sudut pandang anda pribadi dalam menilai segala sesuatunya? Sial untuk beruntung atau beruntung untuk sial? Dan jangan pernah mempermasalahkan cinta itu sendiri.

Durasi:
85 menit

Europe Box Office:
€4,727,059 in France till Jan 2011

Overall:
8 out of 10

Movie-meter:

Tidak ada komentar: