XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 24 April 2011

6:66 DEATH HAPPENS : Misteri Kematian Terkoreksi Massal

Tagline:
When the dead won’t stay dead, there’ll be hell to pay

Storyline:
Reporter kejahatan, Dao harus menangani kasus aneh dalam waktu 24 jam dimana terjadi berbagai kecelakaan yang tidak menewaskan para korbannya. Kemudian Dao menerima kabar dari rumah sakit bahwa ayahnya secara ajaib terbangun dari kematian setelah 15 tahun komba! Dibantu sahabatnya yang juga seorang polisi Wut, Dao mulai menelusuri catatan ayahnya yang akrab dipanggil Profesor Din. Terungkap bahwa Prof Din berhasil menebak tanggal kematian seseorang dan mulai mengacaukan siklus kehidupan itu sendiri. Kini Dao harus memerangi maut yang juga merintanginya sebelum terlambat..

Nice-to-know:
Sudah dirilis di Thailand medio 30 Juli 2009 yang lalu.

Cast:
Susira Angelina Nanna sebagai Dao
Yodchai Meksuwan sebagai Prof Din
Jason Young sebagai Wut
Sakda Kaewbuadee

Director:
Takeaw Ruengratana sebelumnya berpengalaman menggarap komedi Teng Nong yang cukup hit itu.

Comment:
Film ini jelas memanfaatkan angka magis 666 yang sering diibaratkan dengan iblis. Namun hal tersebut tidak akan muncul disini. Konsep siklus Buddhis yang berisikan kelahiran, kematian, kelahiran kembali disajikan berulang-ulang tanpa henti. Bisa bayangkan jika seseorang tidak dapat mati, tidak dapat lahir apapun kondisinya? Coba anda imajinasikan terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menyaksikannya.
Penampilan Susira sebagai Dao dapat diterima walau tidak terlalu mengesankan. Penonton rasanya dapat bersimpati padanya dan akan tetap penasaran mengikuti perjalanan Dao menelusuri dunia “aneh” yang ia hadapi. Tidak banyak yang bisa ditunjukkan oleh aktor senior Yodchai yang sebagian besar berakting dalam “tidur” nya. Belum lagi Jason yang timbul tenggelam sepanjang film tanpa diberi karakterisasi yang berarti.






Sutradara Takeaw banyak bermain dengan scene-scene mengerikan dari segi supernatural ataupun medis sekalipun. Bagaimana kecelakaan yang tidak sampai menewaskan korbannya kadang hanya menyisakan potongan-potongan tubuh tertentu. Atau kemunculan arwah-arwah orang yang telah meninggal di sekeliling tokoh utama disertai dengan ilustrasi musik yang mendirikan bulu kuduk. Potongan flashback juga tidak luput dihadirkan demi menyatukan kepingan-kepingan utuh yang baru terjawab di penghujung cerita.
6:66 Death Happens memang menarik secara konsep tetapi tidak didukung oleh penceritaan yang baik ataupun skrip yang lebih matang lagi. Sebuah drama thriller yang cukup kompeten apalagi didukung dengan spesial efek yang baik termasuk adegan melahirkan yang memorable itu. Endingnya dirasa terlalu cepat berakhir dan akan menyisakan banyak pertanyaan dalam benak penonton mengenai apa yang sesungguhnya dikerjakan Profesor Din untuk memutar-balikkan peristiwa alam semesta yang semestinya sudah digariskan tersebut.

Durasi:
76 menit

Overall:
6.5 out of 10

Movie-meter:

Tidak ada komentar: