XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 08 April 2011

THE LINCOLN LAWYER : Kompleksitas Hubungan Pembela dan Terdakwa

Quotes:
Mick Haller: I checked the list of people I trust and your name ain't on it.

Storyline:
Pengacara kriminal Los Angeles, Mickey Haller menandatangani perjanjian untuk membela playboy licik yang juga seorang agen real-estate, Louis Roulet yang dituduh melakukan penyiksaan. Bayaran mahal tidak menjadi masalah karena sang ibu, Mary Windsor akan melakukan apa saja untuk membersihkan nama putranya. Semakin dalam Mick menyelidiki kasus maka terungkap bahwa pribadi Louis tidaklah menyenangkan ditambah dengan bukti-bukti di masa lalu yang cukup memberatkan. Bagaimana Mick harus menukar keadilan dengan hubungan Pembela dan Terdakwa di ruang sidang sekaligus mengindahkan moralnya sendiri?

Nice-to-know:
Michael Connelly menginginkan Matthew McConaughey bermain sebagai Mickey berdasarkan aktingnya dalam Tropic Thunder (2008).

Cast:
Pertama kali muncul dalam serial televisi Unsolved Mysteries di tahun 1992, Matthew McConaughey bermain sebagai Mick Haller
Marisa Tomei sebagai Maggie McPherson
Ryan Phillippe sebagai Louis Roulet
William H. Macy sebagai Frank Levin
Josh Lucas sebagai Ted Minton

Director:
Feature film kedua bagi Brad Furman setelah The Take (2007).

Comment:
Drama pengadilan merupakan salah satu tema yang paling menarik bagi saya. Bagaimana pengacara penuntut dan terdakwa saling beradu argumen mempertahankan posisi klien mereka. Belum lagi jaksa, hakim dan saksi-saksi yang memberatkan. Bagaikan sebuah permainan catur yang penuh strategi dan sulit ditebak arahnya, satu langkah bisa membuka berbagai macam kemungkinan.
Begitupun dengan film yang diangkat dari novel berjudul sama karya Michael Connelly ini. Bukan hanya aksi sang pengacara sebagai pion utama yang ditampilkan melainkan kehidupan pribadinya sehari-hari juga dibeberkan. Seakan penonton diajak mengenal secara langsung seorang Mick Haller yang digambarkan jumawa, flamboyan dan mengejar keuntungan apapun yang bisa didapatnya. Tidak ada yang lebih tepat selain McConaughey yang memerankan sosok pengacara kharismatik seperti yang pernah ditunjukkannya di awal kemunculannya dalam A Time To Kill (1996).
Interaksi McCounaughey dengan orang-orang di sekitarnya juga terasa realistis. Tomei berakting gemilang sebagai mantan istri yang masih menyimpan sejuta rasa walaupun alasan perceraian mereka tidak sempat dibahas. Phillippe meskipun terkesan datar saja sebagai terdakwa tetapi mampu berdialog dengan sama baiknya. Selain itu masih ada nama-nama beken Macy, Lucas, Leguizamo, Pena, Fisher yang semakin memperkuat karakterasi film ini.
Sutradara Furman juga terampil menampilkan sudut-sudut California termasuk Downtown Los Angeles dan South Pasadena sehingga terlihat dinamis. Kesan serial televisi berepisode panjang memang masih tertangkap disini. Namun semuanya tertutupi oleh banyaknya twist cerita yang sulit diduga terlebih endingnya yang mengejutkan sekaligus smart dan wicked.
Dengan berbagai elemen positif yang sudah disebutkan di atas rasanya The Lincoln Lawyer sayang untuk dilewatkan begitu saja. Sebuah drama yang dibangun perlahan dengan detail menuju konflik kepentingan yang memikat. Anda akan dibuat menerka-nerka kejadian sesungguhnya yang mendasari kasus tersebut. Berani untuk menjawab akhir cerita yang disodorkan?

Durasi:
115 menit

U.S. Box Office:
$39,416,066 till Apr 2010

Overall:

8 out of 10

Movie-meter:

Tidak ada komentar: