XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 06 April 2011

13 : Kesempatan, Nasib, Peluru dan Russian Roulette

Tagline:
Spin. Aim. Survive

Storyline:
Vince tengah dirundung malang saat ayahnya harus dirawat di rumah sakit dan membutuhkan biaya pengobatan yang besar. Saat kalut, Vince malah mengambil surat dari saku seorang pria yang baru dinyatakan meninggal. Surat tersebut mengantarnya pada sebuah pekerjaan yang bisa menghasilkan uang banyak. Pamit pada keluarganya, Vince menempuh perjalanan panjang dan berjumpa dengan sesama peminat lainnya yaitu Ronald, Jefferson dsb. Apa yang telah ia mulai harus ia selesaikan juga bagaimanapun resikonya. Dan saat selongsong pistol diisi peluru, nasiblah yang akan membawa Vince untuk keluar dari taruhan nyawa yang gila!

Nice-to-know:
Awalnya Ray Liotta akan memerankan Detektif Larry Mullane sebelum jatuh ke tangan David Zayas karena konflik jadwal.

Cast:
Sebelumnya bermain dalam Franklyn (2008) bersama Ryan Phillippe, Sam Riley kini kebagian peran Vince yang lugu dan terjebak dalam permainan hidup mati yang tidak pernah dibayangkannya.
Ray Winstone sebagai Ronald Lynn
Jason Statham sebagi Jasper
Emmanuelle Chriqui sebagai Aileen
Mickey Rourke sebagai Jefferson
Alexander Skarsgård sebagai Jack

Director:
Géla Babluani sebelumnya menangani L'héritage di tahun 2006.

Comment:
Saya memang belum pernah mendengar atau menyaksikan 13 Tzameti (2005) sebelumnya. Namun tetap menganggap premis film ini menarik apalagi transformasi French movie to Hollywood movie seringkali menawarkan hal-hal baru. Harapan ini langsung terjawab di menit-menit pertama dimana suasana dingin bersalju mengiringi pengenalan tokoh-tokohnya satu persatu.
Sutradara Babluani secara perlahan-lahan merekonstruksi plot cerita dari metodik yang sangat mendasar. Informasi demi informasi dihadirkan sampai terbentuk sebuah penjelasan yang menjawab semua pertanyaan sedari awal. Pendekatan yang satu ini rasanya cukup membuat penonton bekerja keras untuk mencaritahu dunia macam apa yang sesungguhnya terselubung itu.
Penunjukkan Riley sebagai karakter utama terbilang tepat. Bagaimana Vince yang lugu terjebak dalam situasi yang tidak diduganya samasekali hingga mengubah sifatnya tanpa disadari. Sayangnya proses ini dirasa terlalu cepat dan tidak mendapat penjelasan lebih lanjut terlebih saat ia mengelabui polisi yang menginterogasinya. Sekadar catatan, sosoknya mungkin mengingatkan anda pada Brendan Fraser beberapa tahun lalu.
Kakak beradik Ronald dan Jasper dimainkan oleh Winstone dan Statham dengan gaya tersendiri. Winstone terasa lebih menonjol dimana sisi antagonisnya malah mengundang simpati, sedangkan Statham lebih merupakan karakter pendukung dan cukup menyenangkan melihatnya berakting berbeda dari biasanya. Tak lupa Rourke yang lagi-lagi mencuri perhatian dengan performanya yang sulit ditebak.
Merangkum 13 bagaikan merajut potongan-potongan puzzle yang sepintas hampa tapi ternyata hasilnya cukup mengesankan. Sajian permainan senjata “Russian Roulette” hidup dan mati dijamin akan membuat anda tergerak untuk spontan menutup mata dan telinga. Scene yang sangat memorable bagi saya. Tak dipungkiri, nasib dan kesempatan yang didapat seringkali mengubah hidup seseorang yang harus diimbangi oleh tindakan nyata dan pengambilan keputusan yang tepat. Beranikah anda menanggung segala resiko tersebut?

Durasi:
95 menit

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:

Tidak ada komentar: