XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Jumat, 06 Agustus 2010

BEFORE SUNRISE : Interaksi Sehari Semalam Dua Orang Asing

Tagline:
Jump on and live a Eurorail journey you will never forget!

Storyline:
Turis Amerika, Jesse dan mahasiswi Perancis, Celine bertemu secara tidak sengaja dalam perjalanan kereta dari Budapest menuju Vienna. Keduanya terlibat dalam perbincangan seru sampai Jesse meminta Celine menghabiskan sehari semalam di Vienna sebelum penerbangannya di pagi hari esoknya. Keduanya pun menciptakan suatu hubungan intim yang unik hanya dalam satu hari. Akankah hal tersebut mengubah pandangan masing-masing mengenai cinta?

Nice-to-know:
Ide film ini berasal dari sang sutradara yang pernah menghabiskan semalam penuh di Philadelphia bersama seorang wanita yang ia temui bernama Amy.

Cast:
Mengawali karir akting lewat Explorers (1985), Ethan Hawke bermain sebagai Jesse, turis Amerika yang berlibur menggunakan kereta api di Eropa.
Di tahun yang sama juga bermain dalam Blah Blah Blah (1995), Julie Delpy berperan sebagai Celine, mahasiswi Perancis yang setuju menemani pria yang baru dikenalnya dalam perjalanan berlibur.

Director:
Richard Linklater sebelum ini menghasilkan Dazed and Confused (1993) yang mendapat review baik dari penonton publik.

Comment:
Saya sudah mendengar kabar tentang film ini jauh bertahun-tahun sebelumnya tetapi baru benar-benar menyempatkan diri menontonnya tahun ini. Hm, melihat premisnya bisa jadi membuat anda membayangkan kebosanan. Jangan ambil kesimpulan terlalu cepat.
Memenangkan Silver Berlin Award untuk kategori Sutradara Terbaik di tahun 1995, Linklater mendasarkan kisah ini dari pengalaman pribadinya. Skrip yang ditulisnya sederhana tetapi brilian karena menampilkan interaksi dua orang yang baru berkenalan dan tertarik satu sama lain hingga saling mengeksplorasi. Dan pemilihan Hawke dan Delpy tidaklah salah, keduanya di kehidupan nyata memang berteman baik sehingga mampu menciptakan chemistry yang sempurna. Hawke yang terlihat cuek dan spontan berpadu pas dengan Delpy yang lembut dan easy going. Menarik melihat cara mereka berbicara dan memandang satu sama lain dari berbagai sudut kamera dibalut dengan pemandangan indah kota Vienna yang tradisional dan romantis itu.
Before Sunrise bukanlah drama biasa karena berkaca pada kehidupan nyata itu sendiri. Keseluruhan aspek di film ini terasa realistis. Bayangkan saja berapa banyak orang yang sudah anda temui di sepanjang jalan baik yang meninggalkan kesan ataupun tidak samasekali. Semua itu akan membentuk pribadi anda disadari atau tidak. Pada akhirnya hidup memang tiada hentinya dan akan selalu membawa hal-hal baru bagi anda.

Durasi:
100 menit

U.S. Box Office:
$1,423,537 till end of January 1995.

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: