XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Senin, 09 Agustus 2010

THE FORGOTTEN : Ingatan Misterius Seorang Ibu Kehilangan

Quotes:
Telly Paretta-You erased our son!
Jim Paretta-I didn't change anything! They were always blank

Storyline:
Telly Paretta disinyalir kesulitan menerima kenyataan bahwa putranya yang berusia 9 tahun, Sam telah hilang. Bahkan suaminya Jim dan psikiaternya Dr. Jack Munce mencurigai Telly menciptakan kenangan sendiri selama 8 tahun terakhir. Telly bahkan terancam menjadi tahanan RS Jiwa dan ia melarikan diri. Titik terang mulai muncul saat Telly bertemu Ash yang mengaku kehilangan putrinya Lauren yang juga teman sekolah Sam. Keduanya pun bekerjasama mengumpulkan fakta demi fakta yang mengungkapkan suatu institusi khusus dengan motif yang sulit terduga.

Nice-to-know:
Pada adegan Julianne Moore berlari melewati toko grosir, ia berhenti di depan sebuah tembok yang terukir graffiti logo Revolution Studios yang menjadi produser film ini.

Cast:
Baru saja bermain sebagai pengacara dalam Laws Of Attraction (2004), Julianne Moore kembali sebagai Telly Paretta, ibu yang kehilangan putra tunggalnya.
Anthony Edwards sebagai Jim Paretta
Jessica Hecht sebagai Eliot
Linus Roache sebagai A Friendly Man
Gary Sinise sebagai Dr. Jack Munce
Dominic West sebagai Ash Correll

Director:
Joseph Rubin kembali setelah absen 6 tahun dari karya terakhirnya, Return to Paradise (1998).

Comment:
Sempat akan ditayangkan pada bioskop-bioskop Indonesia di akhir tahun 2004, entah kenapa akhirnya batal dan langsung dirilis vcd originalnya. Prolog film diawali dengan cukup menjanjikan dimana aspek misterius menjadi satu dengan asumsi gangguan kejiwaan tokoh utamanya. Namun sampai pertengahan film ke belakang, suspense drama berganti menjadi sains fiksi khas televisi. Mengingatkan pada salah satu episode The X-Files ataupun serial sejenisnya! Sutradara Ruben terlihat kebingungan menyiasati twist dan turn yang dibutuhkan agar filmnya tetap terkesan fresh tetapi usahanya tidak terlalu berhasil. Endingnya pun terasa dipaksakan khas Hollywood dan sedikit banyak mengurangi aspek kegelapan yang sejak awal dibangun. Dari segi cast, penjiwaan Moore (awalnya sempat dipertimbangkan nama Nicole Kidman) sebagai seorang ibu yang memperjuangkan eksistensi putranya di saat semua orang menyangkal kebenaran yang diyakininya itu. Di luar faktor Moore, aktor-aktris yang mendukung film ini tidak terlalu spesial dan menyesuaikan saja dengan skrip yang ditawarkan mereka. Tensi yang ditawarkan The Forgotten boleh dibilang cukup membosankan dan tidak banyak menawarkan elemen-elemen baru. Namun beberapa scene kejutan bisa dikatakan berhasil dengan baik dan rasanya menjadi satu-satunya yang bisa diingat penonton dalam waktu yang lama dari film ini.

Durasi:
90 menit

U.S. Box Office:
$66,641,205 till end of Nov 2004.

Overall:
7 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: