XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Rabu, 25 Agustus 2010

TRADE : Kepahitan Perbudakan Remaja dan Wanita Mexico City

Tagline:
You'll pay for this.

Storyline:
Di daerah kumuh Mexico City, remaja Jorge memberikan sepeda baru bagi adiknya Adriana yang berulang tahun ke-13. Uang tersebut didapatkan Jorge yang bekerjasama dengan teman-teman sebayanya dari hasil merampas turis Amerika yang kebetulan lewat. Sayangnya saat mengemudikan sepeda, Adriana diculik kawanan Rusia yang dikepalai Manuelo. Adriana kemudian bergabung dengan wanita Polandia, Veronika yang datang ke Amerika untuk memasukkan putranya. Keduanya bersama imigran lainnya menjadi komoditi human-trafficking yang berpindah dari satu tangan ke tangan lain. Jorge berusaha keras mendapatkan adiknya kembali dengan bantuan polisi Texas, Ray Sheridan yang juga mempunyai misi tertentu.

Nice-to-know:
Sempat dikabarkan Milla Jovovich akan membintangi dan Roland Emmerich akan menyutradarai film ini tetapi batal.

Cast:
Satu-satunya yang punya nama di film ini yang juga peraih Oscar Aktor Pembantu Terbaik lewat A Fish Called Wanda (1988), Kevin Kline bermain sebagai Ray Sheridan, polisi Texas yang kehilangan putrinya bertahun-tahun silam dan kini harus membantu remaja Mexico yang malang.
Cesar Ramos sebagai Jorge
Alicja Bachleda sebagai Veronika
Paulina Gaitan sebagai Adriana
Marco PĂ©rez sebagai Manuelo
Linda Emond sebagai Patty Sheridan
Zack Ward sebagai Alex Green
Kate del Castillo sebagai Laura

Director:
Merupakan film ketujuh yang disutradarai Marco Kreuzpaintner yang asli Jerman itu.

Comment:
Ceritanya diangkat dari artikel Peter Landesman di majalah New York Times pada tanggal 25 Januari 2004 yang mengetengahkan perbudakan seks. Ide tersebut kemudian dikembangkan menjadi human-trafficking yang sudah berulang kali diangkat ke dalam beberapa versi film dan hingga saat ini masih menjadi isu sosial berbagai negara di dunia. Formula itu akhirnya mendatangkan beragam apresiasi bagi film ini di festival film mancanegara. Bukan sesuatu yang patut dipertanyakan.
Jajaran cast bermain sangat baik disini. Kline menunjukkan kelasnya sebagai aktor senior dengan peran polisi paruh baya yang rumit kehidupannya mulai dari ekspresi hingga bahasa tubuh yang matang. Dua remaja Amerika Latin, Ramos dan Gaitan juga sangat natural memainkan karakter kakak beradik dengan keluguan masing-masing. Namun juara akting disini dipegang oleh Bachleda yang asli Mexico tetapi fasih beraksen Polandia, lihat gesturenya saat memvisualisasikan perasaan takut, marah, bingung hingga putus asa yang berujung pada pengorbanan.
Jika ditelaah lebih jauh, hubungan tidak biasa antara Kline dan Ramos disini memiliki banyak arti. Kline yang kesepian tanpa anak sedangkan Ramos yang membutuhkan figur pria dewasa. Sudut pandang keduanya menjadi sentral tersendiri. Dan sutradara Kreuzpaintner menerjemahkan skrip dengan baik dan mengeksekusi adegan demi adegan dengan brilian tanpa terkesan mengeksploitasi unsur kekerasan ataupun seksual secara berlebihan.
Trade mungkin saja bukan film yang menghibur (bahkan cenderung depresif) tetapi sangat kuat dalam menyampaikan pesan moralnya. Bagaimana ini membuka sekaligus membasahi mata anda akan kenyataan menyedihkan di luar sana yang belum terselesaikan oleh pihak-pihak yang berwenang. Akankah anda tergerak untuk mewujudkan perubahan itu?

Durasi:
110 menit

U.S. Box Office:
$214,202 till end Oct 2007 (limited showing).

Overall:
8 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: