XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Selasa, 10 Agustus 2010

SPANISH MOVIE : Parodi Slapstick Film-Film Legendaris Spanyol

Storyline:
Ramira yang baru saja diterima bekerja sebagai pembantu oleh Laura mendapati rumah majikannya itu tidak beres dimulai dari putranya yang takut cahaya, putrinya yang psikopat, adiknya yang lumpuh total, suaminya yang tak kunjung kembali dari medan perang dsb. Bagaimana Ramira dapat bertahan untuk melakukan sesuatu yang benar dan meminimalisir kesalahan yang ia buat?

Nice-to-know:
Leslie Nielsen menjalani syuting bagiannya hanya 2 hari.

Cast:
Alexandra Jiménez sebagai Ramira
Sílvia Abril sebagai Laura
Carlos Areces sebagai Pedro San Antón
Laia Alda sebagai Ofendia / Niño del saco
Oscar Lara sebagai Simeón
Eduardo Gómez sebagai Diego

Director:
Javier Ruiz Caldera

Comment:
Jika selama ini anda disuguhi parodi-parodi ala Hollywood tidak ada salahnya menyaksikan yang satu ini. Apalagi sempat mendapatkan nominasi Best Special Effects dalam Goya Awards 2010. Openingnya terasa menjanjikan dimana para aktor-aktrisnya terlihat cukup serius dalam memainkan peran masing-masing apalagi dialog Spanyol yang diucapkan terdengar seksi dan menggoda. Namun semakin lama film berjalan, scene demi scene membuat dahi saya semakin berkerut sampai akhirnya tak kuasa menahan kantuk akibat kebosanan. Sungguh. Ide-idenya untuk melucu terasa di luar jalur, melenceng dan berusaha kembali tetapi malah menciptakan jalur baru yang tak kunjung selesai. Entah harus menyalahkan sutradara atau penulis skrip atau bahkan sang produser yang berani-berani memproduksi film sejenis tanpa membekali dengan modal yang cukup layak.
Jika anda memperlakukan Spanish Movie sebagai film teka-teki untuk menguji pengetahuan anda mengenai referensi film terkait, setidaknya masih berguna untuk mengisi waktu anda. Ingatan anda akan kembali pada The Orphanage, REC, The Others dsb. Jika tidak, 80 menit dalam hidup anda akan terbuang sia-sia oleh parodi yang tidak jelas dan absurd ini.

Durasi:
80 menit

Europe Box Office:
€7,450,119

Overall:
6 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: