XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 01 Agustus 2010

THE JONESES : Rahasia Kesempurnaan Keluarga Jones

Tagline:
They're not just living the American dream, they're selling it.

Storyline:
Keluarga Jones memang terlihat sempurna yaitu suami istri Steve dan Kate serta kakak beradik Mick dan Jenn yang semuanya berpenampilan fisik menarik didukung dengan gaya yang elegan. Kepindahan mereka ke kediaman mewah di area kalangan menengah ke atas membuat iri siapapun juga termasuk tetangga baru mereka, pasutri Larry dan Summer. Perlahan tetapi pasti Steve dan Kate mulai menjadi trendsetter bagi orang-orang di sekeliling mereka. Mick dan Jenn juga berhasil mempengaruhi teman-teman mereka di sekolah. Namun rahasia besar sesungguhnya disimpan rapat-rapat di balik semua itu.

Nice-to-know:
Tempat Jenn dan Mick bersekolah disyuting di Calton J. Kell High School, Marietta, Georgia dimana semua siswa-siswinya juga asli murid SMP dan SMA sana.

Cast:
Angkat nama dari serial televisi top The X-Files yang sempat memberinya Piala Golden Globe di tahun 1997, David Duchovny bermain sebagai Steve Jones, suami flamboyan yang kharismatik.
Nyaris memenangkan satu-satunya nominasi Golden Globe yang pernah mampir ke tangannya lewat Ghost (1990), Demi Moore berperan sebagai Kate Jones, istri cantik yang glamor.
Amber Heard sebagai Jenn Jones
Gary Cole sebagai Larry
Glenne Headly sebagai Summer
Ben Hollingsworth sebagai Mick Jones

Director:
Ini merupakan debut penyutradaraan pertama bagi pria kelahiran Jerman bernama Derrick Borte yang juga bertindak sebagai penulis dan produsernya.

Comment:
Tanpa ekspektasi dan pengetahuan apapun, saya meluncur menyaksikan film ini. Ternyata apa yang disuguhkan selama satu setengah jam ke depan membuat saya puas dan terhibur terlebih tone dan color yang digunakannya sesuai dengan harapan saya. Pujian patut dilayangkan pada Borte yang memberikan usaha maksimal di debutnya ini baik sebagai produser, penulis dan sutradaranya. Penataan setting dan pengenalan produk-produk bermerk juga terasa pas pada tempatnya masing-masing sehingga menghasilkan sinematografi yang apik walau dengan bujet terbatas sekalipun.
Plotnya sederhana tetapi tidak biasa, tentang sekelompok orang yang berpura-pura terlihat sempurna di luar tetapi rapuh di dalam. Mereka adalah keluarga Jones yang dipotretkan dengan sangat baik oleh kwartet Duchovny, Moore, Heard dan Hollingsworth. Belum lagi karakter pendukung lainnya yang memback-up dengan baik terutama bos dan tetangga keluarga Jones yang dilakoni oleh Hutton, Cole, Headly. Duchovny dan Moore yang namanya semakin memudar terus terang chemistrynya justru terasa kuat disini. Menarik melihat mereka berinteraksi satu sama lain. Audiens akan melihat sisi terang dan gelap sekaligus pada setiap karakter yang ditonjolkan film ini.
Pada akhirnya The Joneses akan membuka mata anda mengenai dua hal. Pertama bagaimana ilmu marketing mampu memanipulasi orang dan kedua bahwa kebanggaan berperilaku hidup konsumerisme seringkali disalah artikan menjadi kebahagiaan di atas segala-galanya. Sebuah drama satir komedi yang akan membuat anda terhanyut, tercengang sekaligus tersenyum miris merefleksikan kehidupan pribadi anda sendiri ataupun orang-orang kebanyakan. Sayangnya film ini hanya rilis terbatas di tengah serbuan summer movies yang serba wah dan tipikal Hollywood.

Durasi:
95 menit

U.S. Box Office:
$1,474,508 till early July 2010 (limited showing).

Overall:
8 out of 10

Movie-meter:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: