XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 13 September 2009

EVENING : Nostalgia Masa Muda Di Usia Senja

Quotes:
Ray-Mistakes are beautiful, baby. Mistakes are part of the fun.

Cerita:
Menjelang ajalnya, Ann Lord kerapkali menyebutkan nama Harris sambil mengingat masa 50 tahun lalu saat ia masih menjadi penyanyi paruh waktu. Ia melakukan perjalanan dari New York demi menghadiri pernikahan sahabatnya Lila Wittenborn di Newport sekaligus menjadi pengiringnya. Ann Grant disambut oleh saudara Lila, Buddy yang menaruh hati padanya. Buddy bercerita bahwa sesungguhnya Lila jatuh hati pada Harris Arden yang memiliki daya tarik tinggi. Alih-alih menghindari, Ann malah terlibat affair singkat dengan Harris. Pada akhirnya semua hanyalah kenangan belaka dan kedua putri Ann, Nina dan Constance memiliki perbedaan mendasar satu sama lain yang disebabkan masa lalu ibunya.

Gambar:
Keindahan New York dan Rhode Island di masa 1950an tergambar dengan jelas, pemandangan senja dan malam hari mendominasi scene.

Act:
Claire Danes memulai aktingnya dalam Dreams of Love (1990) dan kali ini kebagian peran Ann Grant dimana ia dituntut untuk bernyanyi dan berekspresi sebagai gadis oportunis yang berkepribadian hangat.
Aktor berusia 36 tahun ini pertama muncul dalam My Sister's Wedding (2001). Disini Patrick Wilson bermain sebagai Harris Arden, bekas pekerja militer yang juga seorang dokter lapangan.
Didukung oleh belasan nama ternama seperti Meryl Streep, Glenn Close, Eileen Atkins, Vanessa Redgrave, Hugh Dancy, Mamie Gummer dll.

Sutradara:
Pria kelahiran Hungaria 63 tahun yang lalu bernama Lajos Koltai ini lebih sering bertindak sebagai sinematografer untuk film-film Jerman ataupun Perancis semasa karirnya.

Komentar:
Film adaptasi yang cukup pintar dari sebuah novel yang bagus. Alur maju mundur yang digunakan tetap mampu mengeksplorasi beberapa karakter utama secara konsisten. Dari segi cast tidak perlu diragukan lagi, nama-nama kondang yang sudah jaminan mutu turut mendukungnya. Acungan jempol patut dilayangkan pada Claire Danes yang memperlihatkan kemampuan bernyanyinya, juga Patrick Wilson yang menunjukkan kharismanya dengan gemilang. Permasalahan keluarga yang diangkat terasa nyata karena siapapun mungkin menyesali kehidupannya terutama jika dipandang dari usia lanjut. Yang sedikit dipertanyakan adalah solusi yang bisa jadi kelewat rapi dibandingkan kehidupan sesungguhnya. Tetapi lihatlah Evening dari sudut pandang personal, kita akan menemui banyak nilai kehidupan yang patut direnungkan. Sayangnya alur lambat yang digunakan rasanya cukup menyiksa penonton untuk tetap duduk manis.

Durasi:
115 menit

U.S. Box Office:
$12,406,646 till July 2007

Overall:
7 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: