XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Minggu, 12 Februari 2012

ONE DAY : Persahabatan Berujung Cinta Tahunan


Quotes:
Emma: Whatever happens tomorrow, we had today.

Nice-to-know:
Ketika Emma dan Dexter berada di pantai nudis, Emma membaca novel "The Unbearable Lightness of Being" karya Milan Kundera yang memiliki hubungan parallel dengan filmnya sendiri.

Cast:
Anne Hathaway sebagai Emma
Jim Sturgess sebagai Dexter
Tom Mison sebagai Callum
Jodie Whittaker sebagai Tilly
Patricia Clarkson sebagai Alison

Director:
Merupakan film keenam bagi Lone Scherfig yang berkebangsaan Denmark ini.

W for Words:
Pernahkah anda merasa bertemu orang yang menarik tapi tidak cukup berani untuk mengakuinya hingga tanpa terasa waktu demi waktu berlalu begitu saja. Penulis David Nicholls menuangkan kisahnya dalam novel berjudul sama yang kemudian digubahnya dalam bentuk skrip film. Tagline “Twenty Years. Two People.” membawa imajinasi saya melanglang jauh apalagi melihat dua nama favorit saya yang menjadi pemeran utamanya. Can’t wait to see it!
Setelah menghabiskan malam bersama kelulusan pada tanggal 15 Juli, Dexter dan Emma sepakat untuk terus berkomunikasi meskipun jarak memisahkan. Emma berhasil mewujudkan cita-citanya menjadi penulis novel setelah Dexter lebih dahulu sukses sebagai pemandu acara malam televisi. Tahun demi tahun berlalu, terkadang mereka menghabiskan waktu bersama tapi terkadang tidak. Mimpi dan cinta menjadi keadaan yang sulit mempersatukan Dex dan Em yang sebetulnya saling menyayangi tersebut.

Sutradara Lone Scherfig secara cerdas menghadirkan timeline yang terjaga intensitasnya. Setting tahun 1980an, 1990an hingga 2000an disajikan lewat tata kostum dan penampilan karakter-karakternya yang terus berubah-ubah. Serentetan dialog cerdas dan gambar memikat tergolong berhasil menyiasati durasi yang berjalan perlahan Belum lagi alunan komposisi musik yang sederhana tapi menyayat hati dari Rachel Portman terasa pas mengiringi hubungan Dexter dan Emma yang terus berevolusi itu.
Jim Sturgess tampil gemilang sebagai pria berjiwa bebas. Kelebihan fisik seorang Dexter tak jarang membuatnya mampu mendapatkan apa yang diinginkannya dengan mudah. Sebaliknya Anne Hathaway bermain prima sebagai wanita berpandangan konvensional. Kelembutan hati seorang Emma kerap kali menjadikannya pasif dalam menunggu apa yang diidamkannya sejak lama. Baik sebagai pasangan maupun sahabat, keduanya sangat loveable dan mampu mengundang simpati penonton sejak menit pertama. This movie is definitely about ‘em!

Roda kehidupan juga bergulir dalam film ini. Layaknya kurva, Dexter berada di atas kesuksesan tapi lain waktu ia jatuh ke titik nadir seorang pecundang. Emma yang kehidupannya stabil cenderung meningkat tetap sabar mendampingi dan mendengarkan setiap curahan hati pria yang dikenalnya sejak lama itu. Lihat bagaimana untaian waktu bisa menghapus setiap kenangan sekaligus membuka rangkaian lembaran baru yang penuh warna bagi dua insan berlawanan jenis yang memulainya sebagai sahabat.
15 Juli tak lagi sebuah tanda waktu melainkan tolok ukur yang digunakan untuk mereview kembali apa yang sesungguhnya telah terjadi. One Day menegaskan konsep tersebut lewat tampilan tanggal kreatif yang menghiasi pergantian layar dari tahun ke tahun. Terkadang kenanganlah yang membuat kita melanjutkan hidup terlepas dari baik buruknya momen tersebut. Persuasi untuk menjalani hidup semaksimal mungkin bersama orang terkasih tanpa menengok masa depan yang terlampau jauh membentang. Niscaya anda tak akan pernah menyesali apa yang sudah berlalu.

Durasi:
107 menit

U.S. Box Office:
$13,766,014 till Sep 2011.

Overall:
8.5 out of 10

Movie-meter:


Notes:
Art can’t be below 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent

Tidak ada komentar: