XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Kamis, 17 September 2009

GENG PENGEMBARAAN BERMULA : Petualangan Seru Memburu Hantu Durian

Storyline:
Kampung Durian Runtuh dalam waktu singkat geger karena kasus hilangnya durian yang disinyalir mengarah pada "Hantu Durian" yang misterius. Kebetulan Badrol, cucu Tok Dalang, bersama kawannya Lim datang ke lokasi untuk berlibur. Dalam perjalanan mereka bertemu Rajoo si penggembala Sapy dan juga Upin & Ipin untuk memandu jalan. Keempatnya bersama dengan Ros, kembang desa yang juga kakak bocah kembar tersebut berusaha menyelidiki fenomena aneh itu hingga berpapasan dengan Oopet, makhluk kecil berbulu merah putih dari dunia lain. Berhasilkah tujuan mereka menangkap sang “Hantu Durian’ itu?

Nice-to-know:
Merupakan film animasi 3D CGI pertama yang diproduksi di Malaysia yang dirilis pada 12 Februari 2009 disana.

Voice:
Amir Izwan Abdul Rahim sebagai Badrol
Kee Yong Pin sebagai Lim
Kannan a/l Rajan sebagai Rajoo
Balqis Fadhullah Lee sebagai Ros
Nur Fathiah Diaz sebagai Upin dan Ipin

Director:
Mohd Nizam Abd Razak.

Comment:
Film yang sempat memenangkan gelar Anugerah Pilihan Penonton dalam Festival Film Anak-Anak Internasional 2009 yang diselenggarakan di Indonesia ini pernah diputar di jaringan bioskop Blitzmegaplex. Saya memang sempat tertarik untuk menyaksikannya pada waktu itu walau akhirnya harus menunda sekitar 2 tahun kemudian untuk menontonnya di DVD. Better late than never, right?
Dengan anggaran 4 juta Ringgit terbukti mampu menghasilkan animasi CGI yang detail dan easy in the eye. Jangan bandingkan dengan produksi Hollywood karena untuk ukuran first timer, Malaysia patut diacungi jempol dengan terobosannya. Skrip yang ditulis oleh Muhammad Anas b Abdul Aziz ini tergolong mudah diikuti oleh penonton dari berbagai kalangan usia walaupun jalan ceritanya tidak semudah itu ditebak.
Berbagai karakter yang tampil disini memiliki ciri khas masing-masing. Jika anda mengira Upin & Ipin akan mendapat porsi yang dominan nyatanya tidak. Justru Rajoo, Badrol dan Lim yang paling mencuri perhatian di samping si makhluk dunia lain bernama Oopet. Petualangan mereka menelusuri gua-gua hingga melawan monster misterius sekilas mengingatkan kita pada Petualangan Doraemon yang mempunyai warna serupa.
Hasil akhir 6,5 juta Ringgit yang diperoleh di Malaysia saja jelas berbicara banyak akan kualitasnya, jauh di atas film-film animasi lokal yang masih bisa dihitung dengan jari tangan. Geng Pengembaraan Bermula memang menyenangkan sebagai sebuah tontonan ringan pengisi waktu. Tak lupa nilai-nilai persahabatan dan keteguhan hati untuk memperjuangkan sesuatu yang benar tersampaikan jelas kepada penonton. Believeable adventure with laughable humors. What more can you expect from an animation movie?

Durasi:
90 menit

Malaysia Box Office:
6,5 juta Ringgit sampai April 2009

Overall:
7.5 out of 10

Movie-meter:

Tidak ada komentar: