XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Sabtu, 12 September 2009

LAST CHANCE HARVEY : Pertemuan Usia Senja Membawa Dinamika Baru

Quotes:
Kate Walker-I'm not gonna do it, because it'll hurt! Sometime or other there'll be, you know "It's not working." or "I need my space." or whatever it is and it will end and it will hurt, and I won't do it.

Cerita:
Pekerja iklan komersial, Harvey Shine mengambil cuti dari kesibukannya untuk menghadiri pernikahan putrinya, Susan di London sekaligus bertemu mantan istrinya, Jean yang sudah menikah kembali dengan Brian. Berat hati Harvey harus mengakui bahwa kehadirannya tidak terlalu diharapkan. Nasibnya tidak bertambah baik saat bosnya di New York tiba-tiba memecatnya karena tertinggal pesawat. Dalam kegalauannya, Harvey bertemu wanita menarik yang bekerja di maskapai penerbangan, Kate Walker. Pertemuan singkat itu terus berlanjut dan menghadapkan Harvey pada kesempatan langka dalam seumur hidupnya.

Gambar:
Hampir semua berlokasi di London termasuk Belsize Park dan Green Park tempat pertemuan Harvey dan Kate serta London Heathrow Airport tempat Kate bekerja membawa nuansa alami yang menggambarkan suasana hati mereka dalam kesehariannya.

Act:
Aktor kelahiran tahun 1937, Dustin Hoffman mengawali karirnya di dunia televisi yang membawanya pada film layar lebar pertamanya, The Tiger Makes Out (1967). Selang waktu 40 tahun kemudian, ia menjadi aktor senior Hollywood yang diakui kharismanya termasuk berperan sebagai Harvey Shine, pekerja iklan komersial yang harus menghadapi dilema saat berangkat ke Inggris Raya.
Aktris kelahiran 1959, Emma Thompson selayaknya Dustin memulai akting dalam beberapa serial televisi hingga debut pertamanya dalam The Tall Guy (1989). Salah satu aktris senior Inggris yang sukses di Hollywood ini bermain sebagai Kate Walker, wanita matang yang masih harus mengurus ibu kandungnya walaupun kehidupan pribadinya sendiri sangat kompleks.

Sutradara:
Pria kelahiran Inggris bernama Joel Hopkins ini baru menyutradarai dua film termasuk debutnya dalam Jorge (1998) dan kali ini berkesempatan mengarahkan dua aktor-aktris kaliber Oscar dimana ia juga bertindak sebagai penulis cerita. Well done!

Komentar:
Plot cerita yang sederhana yaitu pertemuan pria paruh baya Amerika dan wanita mandiri Inggris dalam situasi yang tidak terbayangkan sebelumnya menjadi menarik tatkala pemerannya adalah Dustin Hoffman dan Emma Thompson yang masing-masing sudah mengantongi dua Piala Oscar sepanjang karirnya. Keduanya menampilkan chemistry yang kuat dan mampu membuat penonton berempati sehingga tak heran jika mereka dinominasikan kembali dalam Aktor-Aktris Terbaik kategori Drama Golden Globe tahun ini walau tidak menang. Untungnya lagi penulis cerita sekaligus sutradara film ini cukup pintar mensiasati mood film dan beberapa elemen penting sehingga Last Chance Harvey tidak jatuh ke dalam klisenya tema yang sudah diangkat ratusan ribu kali ini termasuk endingnya yang tidak dipaksakan. Pada akhirnya, drama romantis ini terasa sangat realistis dan mungkin saja terjadi pada kita semua. Meskipun segmennya pada penonton dewasa sampai paruh baya, tidak ada salahnya menyaksikan dua pemain senior dalam film menyentuh menghibur yang bebas dari adegan seks atau kekerasan dengan jualan pemandangan kota London yang indah itu.

Durasi:
90 menit

U.S. Box Office:
$14,879,423 till April 2009

Overall:
8 out of 10

Penilaian:
Karya seni ga boleh dibawah 6
6-poor
6.5-poor but still watchable
7-average
7.5-average n enjoyable
8-good
8.5-very good
9-excellent
No such perfect 9.5 or 10!

Tidak ada komentar: