XL #PerempuanHebat for Kartini Day

THE RING(S) : A short movie specially made for Valentine's Day

Selasa, 07 Februari 2012

UNDERWORLD : AWAKENING Kebangkitan Keturunan Dunia Baru


Quotes:
Selene: For 12 years, I was held captive by the humans. The world I once knew has changed. Vampires and Lycans are now the hunted.


Nice-to-know:
Tanggal rilis film ini tepat sama dengan Underworld : Evolution (2006) atau 6 tahun lalu.


Cast:
Kate Beckinsale
sebagai Selene

Stephen Rea
sebagai Dr. Jacob Lane

Michael Ealy
sebagai Detective Sebastian

Theo James
sebagai David

India Eisley sebagai Eve
Charles Dance
sebagai Thomas


Director:
Feature film pertama bagi Måns Mårlind dan Björn Stein yang sebelumnya menangani berbagai film televisi.


W for Words:
Tak kurang 6 nama yang terlibat dalam penulisan skrip sekaligus pengembangan karakter untuk installment keempat ini. Namun ide cerita tetap dipegang oleh Len Wiseman yang berhasil menggaet istrinya Kate Beckinsale untuk kembali mengisi peran utama yaitu vampir Selene yang telah menjelma menjadi ikon franchise ini. Sebagai inovasi, film ini dirilis langsung dalam format Real-D, Real-3D bahkan Imax-3D sekaligus yang pertama dari empat seri yang sudah ada.

Ketika manusia mengetahui keberadaan Vampire dan Lycan, perang digelorakan untuk memusnahkan kedua golongan tersebut. Selene yang tengah menyelamatkan kekasihnya Michael tertangkap dan dibekukan dalam kondisi terluka. 12 tahun kemudian, Selene terbangun dalam peti kaca es dan mendapati sosok gadis kecil Eve yang dicurigai sebagai keturunannya bersama Michael. Selene pun harus mencari jawaban sambil memimpin peperangan melawan manusia sekaligus Lycan yang ternyata bertambah kuat.


Tak dipungkiri film ini terasa seperti episode serial televisi yang diperpanjang. Hal ini dikarenakan duet sutradara Måns Mårlind dan Björn Stein lebih berpengalaman dalam bidang tersebut. Adegan aksi seru bertubi-tubi disuguhkan meski dalam setting yang juga tidak terlalu wah. Efek CGI murahan tampak pula pada kreasi makhluk lycan/vampire yang tidak jauh berbeda dengan True Blood ataupun Supernatural. Elemen 3D tidak terlalu istimewa karena setting waktu yang dominan di malam hari.

Kate Beckinsale memang masih memukau sebagai Selene yang cantik tangguh berdarah dingin dalam kostum kulit ketat melakukan semua aksi memukaunya. Karakternya sedikit berkembang dengan kehadiran Eve yang banyak mempertanyakan naluri keibuannya tapi tidak banyak eksplorasi yang dilakukan disini. Di luar faktor Beckinsale, tidak ada karakter pendukung yang kuat disini. Theo James, Michael Ealy ataupun Stephen Rea terkesan hanya sebagai pelengkap saja, tidak seperti installment sebelumnya yang lebih kaya kontribusi terhadap ceritanya.

Underworld : Awakening jelas hanya diperuntukkan bagi para pecinta franchise ini yang kangen sekaligus penasaran akan kiprah Selene dalam menjaga “keseimbangan” dunia. Lebih mudah dinikmati sebagai stand alone movie karena tiada kompleksitas mitos “dunia bawah” seperti yang tersaji dalam episode pendahulunya. Bombardir action dalam tempo cepat memang dilakukan untuk menutupi kedangkalan plot dalam sekuel yang tampaknya masih akan menginisiasi sekuel berikutnya. Thankfully this time still works well!

Durasi:
88 menit

U.S. Box Office:
$44,978,415 till Jan 2012.


Overall:
7.5 out of 10


Movie-meter:



Notes: Art can’t be below 6 6-poor 6.5-poor but still watchable 7-average 7.5-average n enjoyable 8-good 8.5-very good 9-excellent

2 komentar:

FANBOY mengatakan...

Wah, adegan aksi bertubi-tubi? mantap, ini baru favorit gw... Hehe...

FANBOY mengatakan...

Gw udah nonton bro, keren! Tapi, efek CGI-nya Underworld Awakening keren kok kalo menurut gw, paling nggak daripada yang di Indosi*r... hehe...